Pensiunan ASN Dapat Santunan dari Korpri

by -
Pensiunan ASN Dapat Santunan Dari Korpri

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sebanyak 47 ASN di lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Beltim memasuki usia pensiun di tahun 2019. Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Beltim memberikan uang santunan masing-masing Rp. 4 juta yang diserahkan langsung oleh Bupati Beltim, Yuslih Ihza seusai Upacara Hari Korpri ke-48 di halaman kantor Bupati Beltim, Senin (2/12/2019).

“Memang tahun ini belum memadai, tetapi mereka sudah dapat santunan sebesar Rp. 4 juta,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Ikhwan Fahrozi.

Ikhwan yang juga Ketua Umum Korpri Kabupaten Beltim mengungkapkan santunan yang diberikan merupakan hasil iuran anggota Korpri yang terkumpul.

“Kita sudah membuatkan edaran Bupati untuk iuran korpri yang bertujuan dari kita untuk kita. Alhamdulillah dari semua terakumulasi pendanaan yang tadi kita sampaikan kepada para pensiun. Ke depan akan kita maksimalkan iurannya dan juga kira tingkatkan kualitas organisasi Korpri,” ungkap Ikhwan.

Soal besaran santunan, Ikhwan berharap ke depan bisa ditingkatkan nilai nominalnya. Bahkan, diproyeksikan bisa memberangkatkan umroh bagi pensiunan ASN.

“Insyaallah bukan tidak mungkin nanti kalau memang ada kesadaran, ada kebersamaan dari ASN tanggungjawab besar untuk melakukan iuran, ke depan bisa mengumrohkan bagi yang pensiun, itu cita-cita ke depan,” kata Ikhwan.

Menurut Ikhwan, tingkat kesejahteraan ASN dalam beberapa tahun sudah diperhatikan oleh Pemerintah Pusat. Melalui pemetaan jabatan yang disesuaikan dengan beban kerja maka setiap ASN bakal mendapatkan tambahan penghasilan.

“Menyangkut kesejahteraan (ASN), saya pikir tidak lagi jadi persoalan karena kita sudah membuatkan peta jabatan kepada seluruh pegawai ASN. Kita juga sudah menyiapkan konsep sesuai dengan alur masa jabatan dan beban kerja. Dengan sendirinya sesuai beban kerja diformulasikan dan mereka akan mendapatkan tambahan penghasilan,” sebut Ikhwan.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim, Yuspian, memastikan jumlah ASN yang memasuki usia pensiun di akhir tahun 2019 mencapai 47 orang. Mereka terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis yang tersebar di OPD. Terkait santunan bagi pensiunan ASN, Yuspian menyebutnya sebagai salah satu program Korpri yang baru berjalan tahun ini.

“Ke depan untuk setiap kegiatan purna bakti itu akan kita berikan penghargaan. Korpri Beltim sudah lama vakum karena tidak ada kepengurusan. Nah sekarang sudah terbentuk kepengurusan, kita sudah mulai menata kembali kegiatan-kegiatan korpri termasuk melakukan pertandingan-pertandingan olahraga,” kata Yuspian.

Ia menjanjikan ke depan juga akan seperti itu, bahkan peserta dan cakupan hadiah akan diperluas. Seperti mengadakan bakti sosial maupun kegiatan lain yang bertujuan menjaga silaturahim antar ASN di bawah naungan Korpri.

“Pelan-pelan kita akan benahi kembali, mengingat Korpri organisasi profesi yang besar. Kita butuh penyatuan visi misi, keakraban silaturahmi bukan hanya dalam soal profesional karena perlu kita kedepankan adalah bagaimana ke depan nanti,” tutup Yuspian.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham