Penyakit ini Penyebab Kematian Tertinggi di Belitung

by -

*Jaga Pola Hidup Sehat

TANJUNGPANDAN – Penyakit Hipertensi dan penyakit Jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Kabupaten Belitung.  Data yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung pada tahun 2016 untuk penyakit Hipertensi sebanyak 62 kasus dan penyakit Jantung 42 kasus.

Kasi Bidang Alat Kesehatan Data dan Informasi Dinkes Yulia saat di temui Belitung Ekspres Rabu (22/3) kemarin menjelaskan, untuk kunjungan kasus penyakit pada tahun 2016 lalu, terbanyak yaitu penyakit Hipertensi dengan 16.981 kasus.  Selanjutnya penyakit rematik atau sakit pada otot tercatat sebanyak 6.766 kunjungan kasus.

Sedangkan jenis penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi pada tahun 2016 dengan catatan sebanyak 66 kasus nyaitu penyakit Hipertensi dan penyakit jantung sebanyak 42 kasus.  “Data tersebut dikumpulkan dari seluruh Puskesmas yang ada lantas penyakit Hipertensi dan jantung merupakan penyebab kematian tertinggi pada tahun 2016 kemarin,”ujar wanita yang akrap disapa Lili.

Kata Lili, bahkan di tahun 2017 ini sampai bulan Februari penyakit Hipertensi masih menyebab penyebab kematian tertinggi.  Sedangkan, penyebab kematian akibat lansia atau sudah tua berada di urutan nomor ketujuh.

Dijelaskanya, Penyakit Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan penyakit darah tinggi ini, merupakan jenis penyakit yang tidak menular namum, pasien bisa saja terkena penyakit ini dikarenakan faktor keturunan.

Oleh sebab itu dirinya menyarankan supaya menjaga pola hidup yang sehat, tidak merokok, minum obat secara teratur, melakukan pengecekan tensi darah serta rajin berolah raga.  “Jika dosis tensi di angka 140/90 itu sangat berbahaya dan harus segera di periksa jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan meski takdir hidup seseorang sudah diatur oleh yang maha esa namum lebih baik mencegah dari berduka di kemudian harinya,” pesannya.(rez)