Penyuluh Pertanian Andri Terpilih jdi Penyuluh Pertanian Babel

by -

MANGGAR – Komisi penyuluhan pertanian (KPP) Provinsi Bangka Belitung (Babel), terbentuk setelah pembentukan di Hotel Menumbing Heritage Pangkalpinang, Selasa (10/11) kemarin. Terpilih sebagai ketua komisi penyuluh pertanian Provinsi Babel Yudi Sapta Pranoto.

 

Acara tersebut, dihadiri anggota Komisi penyuluhan Nasional, Prof.Sumardjo, Dr.Soen’an Hadi Poernomo dan Tri Danisworo, MS serta semua tenaga penyuluh pertanian se Babel. Dari 17 orang yang dipilih menjadi penyuluh pertanian Provinsi Babel, satu satunya dari Kabupaten Beltim diwakili oleh Andri Taruna Praja.

 

“Komisi penyuluhan pertanian perikanan dan kehutanan yang disebut komisi penyuluhan adalah kelembagaan independent, yang dibentuk pada tingkat pusat, Provinsi dan Kab/Kota yang terdiri atas para pakar dan/atau praktisi yang mempunyai keahlian dan kepedulian dalam bidang penyuluhan atau pembangunan perdesaan,” ungkap Andri saat dihubungi Belitong Ekspres, usai pelantikan, Selasa (10/11) kemarin.

 

Menurut Andri dasar pembentukan komisi ini adalah UU Nomor 16 tahun 2006 tentang sistem penyuluhan. Sedangkan tujuan dibentuknya Komisi penyuluhan yaitu untuk memberikan masukan kepada pemerintah Kabupaten/Kota tentang segala sesuatu untuk penguatan dan kelancaran pelaksanaan. Serta pengembangan fungsi penyuluhan untuk mencapai keberhasilan pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan serta mitra Gubernur dalam memberikan masukan masalah penyuluhan.

 

“Untuk pelantikan nanti masih menunggu SK dari Gubernur dan mungkin dalam waktu dekat nanti yang langsung akan dilantik oleh Gubernur Babel, H.Rustam Effendi,” pungkas Andri.

 

Ia berharap dengan terbentuknya komisi penyuluhan ini maka peran penyuluh akan semakin optimal seiring dengan amanah UU nomor 16 tahun 2006 tentang sistem penyuluhan.

 

“Selain itu juga saya berharap kompetisi penyuluh sebagai SDM dapat lebih ditingkatkan sehingga tujuan utama penyuluhan yaitu petani yang berdaya dan mandiri dapat tercapaikan,” tutup Andri. (feb)