Penyuluhan Hukum Pelajar Ikuti Penyuluhan Hukum Serentak

by -

MANGGAR-Penyuluhan hukum yang dilakukan serentak seluruh Indonesia berlangsung di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Sebanyak 150 pelajar  dan kelompok masyarakat se Beltim diundang mengikuti kegiatan penyuluhan hukum yang berlangsung di ruang pertemuan Auditorium Pemkab Beltim, Kamis (28/1) kemarin.

Dalam sambutan yang disampaikan Wahyu Rianto selaku Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpandan Kabupaten Belitung mangatakan, penyuluhan dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya patuh hukum dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan serentak seluruh Indonesia kepada para pelajar dan kelompok masyarakat dengan menjadikan hukum sebagai energi yang mampu menjadi pendorong dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Penyuluhan ini akan menjadikan masyarakat cerdas hukum terutama memasuki era perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN,” ungkap Wahyu.

Materi hukum yang bertemakan “Cerdas hukum dalam era masyarakat ekonomi ASEAN” ini meliputi perundang-undangan maupun bantuan hukum dan lainnya terutama yang bersentuhan di kehidupan bermasyarakat. Narasumber atau petugas penyuluh hukum yang diundang meliputi aparatur penyuluh hukum, organisasi bantuan hukum, kepala unit pelayanan teknis.

Selain itu, Penjabat Bupati Beltim, H. Hardi dan unsur forkominda Beltim juga hadir dalam kesempatan itu. Hardi menyampaikan penyuluhan hukum bagi pelajar sangat penting karena sebagai generasi muda harus memiliki kecerdasan hukum.

“Kecerdasan hukum bagi pelajar sangat penting supaya paham dan mengetahui hukum yang ada di Indonesia. Terutama untuk para pelajar harus paham betul tanggung jawabnya sebagai pelajar,” ujar Hardi. (feb)