Perahu Hias Penuhi Kalimas

by -
Perahu Hias Penuhi Kalimas
BERANEKA WARNA: Sejumlah anggota kodim dari berbagai wilayah di Jawa Timur mempersiapkan perahu hias kemarin (21/12). (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

belitongekspres.co.id – Hari ini (22/12) kawasan Kalimas berbeda dari biasanya. Sebanyak 46 perahu dengan aneka dekorasi akan berjalan beriringan menuju dermaga di Siola. Bukan hanya itu, masyarakat pun bisa menyaksikan simulasi pembebasan tawanan di jalur sungai. Bahkan, warga yang hadir diperbolehkan menaiki puluhan perahu tersebut.

Event itu bisa disaksikan mulai pukul 07.00. Agenda pertama adalah simulasi pembebasan tawanan dari pasukan rider. Setelah simulasi selesai, dilanjutkan Festival Perahu Nusantara. ’’Temanya Kerajaan Se-Nusantara,’’ ucap seksi Festival Perahu Nusantara Kapten Inf Danang Budiawan kemarin.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-71 TNI-AD dan Kodam V/Brawijaya. ’’Pelaksanaan tepat waktu. Masyarakat jangan sampai melewatkan kegiatan ini karena rangkaian acaranya sangat menarik,’’ katanya Saat parade, penonton bisa melihat 46 perahu yang didesain ala perahu kerajaan Nusantara.

’’Mulai kerajaan di Aceh hingga Karumanegara,’’ lanjutnya. Nanti 46 perahu tersebut berjalan beriringan ke Siola dengan kawalan perahu induk dari Kodam V/Brawijaya. Setelah sampai di garis finis, semua perahu tersebut kembali ke Taman Prestasi dan merapat di tenda VVIP.

Masyarakat yang datang diperbolehkan mendekat setelah perahu merapat. Mereka juga diberi kebebasan untuk berfoto. Untuk kesempatan naik perahu dan berfoto, panitia memberikan kesempatan pukul 08.00–12.00.

Danang mengatakan, tampilan seluruh perahu pasti sangat bagus. Terlebih, 46 perahu tersebut memiliki tema yang berbeda. ’’Total ada 18 kerajaan se-Nusantara yang menjadi rujukan desain perahu. Setiap perahu akan menonjolkan ciri khas masing-masing,’’ katanya.

Para peserta berasal dari satuan jajaran di Kodam V/Brawijaya. Termasuk seluruh kodim di Jawa Timur. ’’Kami melakukan persiapan sejak Jumat (20/12),’’ paparnya. ’’Kami juga sediakan nominasi hiasan perahu terbaik,’’ paparnya. (jpg)

Artikel ini sudah dimuat di Jawapos dengan judul Perahu Hias Penuhi Kalimas