Peran Lansia Sangat Perlukan Dalam Mendukung Destinasi Pariwisata

by -
Ilustrasi lansia. Foto : radar bangka
pariwisata-edisi-29-maret-2017-Hellyana
Suasana reses beberapa waktu lalu, di Desa Ibul.

belitongekspres.co.id BADAU-Peran Lanjut Usia (lansia) dalam dunia pariwisata ternyata sangat diperlukan. Alasannya mereka lebih mengetahui dan memahami kearifan lokal dimasa lalu. Misalnya kerajinan tangan, masakan khas lokal dan lainnya. Hal ini tentunya bisa dijadikan nilai tambah untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjunngi destinasi pariwisata Belitung.

“Wacana untuk melibatkan beliau-beliau untuk berperan dalam pariwisata sudah ada. Bentuknya imlepementasinya seperti apa, kita lihat saja nanti. Soalnya sekarang ini masih dalam pengusulan ke provinsi dan nanti akan kita bahas sama-sama disana,” kata Anggota DPRD Provinsi Babel Hellyana kepada Belitong Ekspres, Selasa (25/3) kemarin.

Ditegaskan Politisi PPP ini, kehadiran Lansia dalam mengemas kearifan lokal sangat dipelukan. Dengan beragam keahlian dan keterampilan yang mereka miliki tentunya akan mendatangkan nilai ekonomis.

“Orang tua kita dulu pasti mempunyai keahlian tambahan, seperti merajut tas dalam bentuk souvenir, membuat tikar, kue-kue, dan lainnya. Selagi kita mau belajar dan memberikan fasilitas kepada mereka kenapa kita tidak. Apalagi kegiatan ini kan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Dilanjutkan Hellyana untuk itu ia mengajak semua pihak untuk memperhatikan para Lansia. serta memberikan ruang-ruang khusus bagi mereka untuk terus berkarya. Sehingga apa yang mereka miliki bisa tersalurkan dengan baik. Dan bisa pula dijadikan bekal untuk generasi penerus.

“Mudah-mudahan ke depan aspirasi yang pernah disampaikan oleh masyarakat belitung bisa terwujud. Sehingga bakat yang beliau miliki bermanfaat untuk sendiri dan juga untuk orang lain. Dan kami akan tentu akan memperjuangkan ini kedepannya,” ujarnya.(i1s)