Perantau Ini jadi Tersangka Pencurian Motor di Belitung

by -
Tersangak curanmor dan barang bukti hasil curian
Tersangak curanmor dan barang bukti hasil curian.

Sepekan Polisi Ungkap 3 Kasus

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dua kali melakukan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Belitung, Usep Suryan (30) akhirnya ditangkap polisi. Perantau asal Bandung ini, digerebek Tim Opsnal Satreskrim Polres Belitung, di Jalan Dahlan Pasar Baro, Senin (14/10) malam.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyidikan dan mencari sejumlah barang bukti. Sebab, ada dugaan onderdil dari motor hasil curiannya dijual oleh pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Kasatreskrim Polres Belitung AKP Erwan Yudha Perkasa mengatakan, awalnya Polres Belitung mendapat laporan dari korban atas nama Idwati warga Air Ketekok, dan satu korbannya lagi warga Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.

Keduanya, kehilangan motor pada hari yang sama. Yakni Sabtu (12/10) akhir pekan lalu. Namun, waktunya berbeda. Idwati saat itu ia memarkirkan motornya di kediamannya Jalan Telex. Namun kunci motornya tak dilepas.

Beberapa jam kemudian, motor metik yang di parkirkan hilang. Hingga akhirnya korban melaporkan ke Polres Belitung. Hal yang sama juga terjadi di Jalan Sriwijaya, beberapa jam kemudian.

Mendapat laporan tersebut, Jajarannya langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Hasilnya dari olah TKP, Satreskrim Polres Belitung langsung menaikan ke proses penyelidikan, dan mencari keberadaan pelaku.

“Dari hasil investigasi dan pemeriksaan saksi-saksi di lapangan, kami mendapat ciri-ciri orang yang kita cari. Akhirnya kami melakukan pencarian terhadap pelaku,” kata AKP Erwan kepada Belitong Ekspres, Selasa (15/10).

Mendapat keberadaan pelaku, jajaran Satreskrim Polres Belitung langsung melakukan pengejaran dan penangkapan. Sebelum melakukan penangkapan, polisi terlebih dahulu mengintrogasi pelaku Usep.

Hingga akhirnya, perantau yang belum diketahui pekerjaan pastinya ini mengakui perbuatannya. Lantas Jajaran Satreskrim langsung membawanya ke markas Polres Belitung.

Ketika disinggung mengenai keterlibatan orang lain seperti penadah, AKP Erwan masih enggan berkomentar. Sebab tersangka masih dalam proses penyidikan. Rencananya dalam waktu dekat Polres Belitung akan menggelar Konferensi Pers.

“Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dasar-dasar penetapan tersebut sudah lengkap. Seperti ada barang bukti hasil curiannya. Yakni motor dan tas milik korban,” ungkap AKP Erwan.

Dalam kasus ini, polisi menjerat tersangka dengan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Pencurian. Ancaman hukumannya lima tahun tahun penjara.

Dalam kurun waktu kurang dua pekan, Polres Belitung berhasil mengungkap tiga kasus curanmor di Belitung. Sebelumnya, peristiwa serupa terjadi menimpa Hatta warga Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, pekan lalu.

AKP Erwan menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada. Dan mencabut kontak motornya, pada saat diparkirkan. Sebab, dari semua kejadian curanmor sepekan ini semuanya disebabkan lantaran kuncinya tak dilepas.

“Sehingga para pelaku dengan mudah untuk melakukan pencurian motor. Sekali lagi kami meminta kepada masyarakat untuk melepas kunci (kontak) motor saat diparkir,” pungkasnya. (kin)