Perawas Gelar Maras Taun

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN-Kampong Perawas Desa Perawas, Tanjungpandan, menggelar kegiatan Maras Taun, Minggu (12/4) pagi kemarin, di Rumah Ki Dukun Muhamad. Maras Tahun dihadiri Kepala Desa Perawas Zulfikar, sejumlah kadus, dan kepal RT di wilayah setempat.
Kades Zulfikar mengatakan, kegiatan Maras Taun ini untuk membersihkan kampong dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bencana alam. “Kami berharap dengan melestarikan tradisi ini, mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan Desa,’’ ujar Zuklfikar.
Ratusan masyarakat berbagai kelurahan berkumpul di tempat tersebut. Pantauan Belitong Ekspres terlihat, mereka berdoa bersama memohon keselamatan dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Usai acara, masyarakat berebut air, tepung tawar dan kesalan (sesaji,Red) yang disediakan oleh panitia. Kesalan tersebut, nantinya akan ditabur di depan rumah masing-masing, dengan harapan mendapat kemudahan dan kelancaran di setiap iktiar yang mereka inginkan.
Zulfikar menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar Dusun Perawas, dalam rangka membersihkan kampong dari hal-hal yang tidak diinginkan. Acara ini, digelar hanya sehari.

Baca Juga:  Lanud ASH Komitmen Seleksi Prajurit TNI AU Bebas KKN

Baca Juga:  DPRD Semarang Kunjungi Belitung

“Tradisi ini kami gelar tiap tahun sekali. Tidak hanya di Perawas, namun di Pulau Belitong tiap desa, pasti akan melakukan tradisi sperti ini (Maras Taun,Red),” ujar Kepala Desa Perawas Zulfikar kepada Belitong Ekspres, usai kegiatan kemarin.

Kades berharap, setelah kegiatan ini digelar, masyarakat Perawas bisa bersatu, rukun, harmonis dan saling membantu. “Semoga tahun depan kegiatan ini bisa lebih baik. Rencana tahun depan, acara ini akan kami adakan kesenian khas Belitong,” pungkasnya. (kin)

Rate this article!
Perawas Gelar Maras Taun,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: