Perayaan Imlek, Banyak Toko Tutup

by -

*Kondisi akan Normal dalam 2-3 Hari Ke Depan

foto A pasar sepi

Foto A: rheza/be
LENGANG: Suasana di Jalan Kim Ting yang nampak sepi aktivitas, baik jual beli maupun kendaraan parkir.

TANJUNGPANDAN-Momen Tahun Baru Imlek 2566 yang jatuh 19 Februari, Kamsi kemarin, suasana bisnis di pusat pertokoan seputaran Pasar Tanjungpandan relatif sepi dari hari biasanya. Terutama pertokoan di Jalan Veteran, nampak hampir semua toko di kawasan ini tutup. Bahkan, suana tutupnya toko tak hanya terlihat di Pasar, namun di hampir sejumlah jalan utama di Tanjungpandan.
Pantauan Belitong Ekspres, di Jalan Kim Ting pada hari biasa selalu ramai oleh suasana kesibukan jual beli. Namun Kamis kemarin, suasana tersebut tak terlihat. Pinggiran jalan yang biasanya padat kendaraan parkir, baik roda dua maupun roda empat, tak nampak pula. Memang kebanyakan pemilik toko di kawasan ini adalah warga Tionghoa, maka diperkirakan mereka sedang merayakan Tahun Baru Imlek.
Salah seorang pedagang bumbu di Pasar, Dayang kepada BE menuturkan, biasanya perayaan hari Imlek seperti sekarang seluruh toko milik warga Tionghoa tutup. “Memang pemilik toko banyak yang tutup pengunjung pasar menjadi sepi sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.
Dayang mengatakan, diperkirakan kondisi pasar akan kembali normal dalam dua hingga tiga hari ke depan. “Selama perayaan Imlek ini untuk mengantisipasi kerugiaan akibat pengunjung pasar sepi, sejumlah barang dan bumbu dapur sedikit mengurangi barang dagangan,” ucapnya.
Sementara itu, seorang Tukang parkir di Pasar Tanjungpandan mengatakan, perayaan Imlek berdampak terhadap omset yang mengalami penurunan cukup drastis. Dibanding pendapatan hari-hari biasanya hal ini terjadi setiap hari imlek maupun hari-hari besar.(mg1)