Perayaan Pergantian Tahun Baru di Tanjung Kelayang Sukses

by -

*Pesta Kembang dan Lampion Warnai Detik-Detik Pergantian Tahun Baru

belitung-edisi-03-januari-2017
Bupati Belitung Sahani Saleh dan Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko, saat mengibarkan lampion sebagai tanda pergantian tahun 2016 ke 2017 di Kabupaten Belitung. Inset foto pelajar Tanjungpandan saat tampil di Tanjung Kelayang. Foto: Ajai | BE

SIJUK-Pesta kembang api dan pengibaran lampion, di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Minggu (1/1) Pukul 00.01 WIB, menandai dimulainya pergantian tahun 2016 ke 2017 di Kabupaten Belitung.

Perayaan tahun baru yang digagas Jajaran Kodim 0414 Belitung dan Belitong Ekspres ini berjalan sukses. Selain kembang api, beberapa kesenian khas daerah ditampilkan dalam kegiatan menyambut pergantian tahun ini.

Sejumlah kesenian yang ditampilkan yaitu, lagu khas melayu yang dibawakan Siswa-siswi di Kabupaten Belitung. Selain itu, juga ada drama yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Belitung, lepas dari penjajahan.

Terlihat hadir dalam acara ini Bupati Belitung Sahani Saleh, Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko Saptono, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Nav Candrasa Yuda, dan Tokoh Masyarakat Tanjung Kelayang Eddi Sofyan.

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi terlihat, ratusan masyarakat Belitung tumpah ruah di kawasan tersebut. Mereka berdatangan dari seluruh kawasan di Kabupaten Belitung. “Saya datang dari Tanjungpandan untuk melihat acara ini,” ujar Doura salah satu pengunjung.

Selain itu, untuk mengamankan dan mensukseskan jalannnya kegiatan ini, puluhan personil dari Polres Belitung, Polsek Sijuk dan Kodim 0414 Belitung terlihat berjaga-jaga di lokasi. Para petugas keamanan ini terus memantau disejumlah titik di lokasi.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, dirinya menyambut baik adanya kegiatan positif menjelang pergantian tahun di Belitung. Apalagi beberapa kesenian daerah khas Negeri Laskar Pelangi, ditampilkan dalam kegiatan ini.

Bupati berharap, di tahun 2017 ini Belitung semakin maju khususnya di sektor pariwisata. Apalagi Belitung terpilih sebagai 10 besar destinasi wisata Indonesia. Sehingga, menarik wisatawan untuk datang ke Belitung.

“Semoga apa yang dicita-citakan tercapai, Belitung lebih maju, rakyat makmur, banyak pembangunan dan banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke Negeri Laskar Pelangi ini,” kata Bupati Belitung.

Sejumlah kalangan juga mengapresiasi kegiatan ini, salah satunya  Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko Saptono, katanya acara seperti ini terus dilakukan, agar kesenian tradisonal khas Belitung tetap terjaga dan tidak punah.

“Atensi tinggi dalam kegiatan ini. Kami berharap, dengan adanya acara ini dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Belitung,” kata Letkol Kav Eko Saptono.

Sementara itu, pendukung kegiatan ini Eddy Sofyan mengaku senang acara berjalan sukses. Rencana acara pergantian tahun seperti ini akan terus dilaksanakan tiap akhir tahun, untuk menarik minat wisatawan datang ke Belitung.

“Tahun depan, rencana kita akan buat kegiatan seperti ini. Harapan kita, apa yang belum tercapai di tahun 2016, bisa terwujud di tahun 2017,” harap, Eddi Sofyan. (kin)