Perda Sampah dan Timbum Selesai Disosialisasikan

by -

MANGGAR– Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sudah menyelesaikan tahapan sosisalisi dua Peraturan Daerah (Perda), yakni Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Lingkungan, dan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum.
Diharapkan dengan selesainya sosilisasi ini masyarakat dapat mengerti dan mengetahui bahwa dua Perda tersebut sudah resmi diundangkan serta dimasukkan dalam lembaran daerah Kabupaten Beltim.
Kepala Bagian Hukum Setda Beltim, Amrullah kepada Humas Beltim, Rabu (9/9) mengatakan, Perda sampah dibuat berdasarkan asumsi bahwasanya pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume jenis dan karakter sampah yang semangkin beragam.
“Sampah ini telah menjadi suatu permasalahan yang rumit sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir. Tujuannnya tak lain agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat,” jelas Amrullah.
Sedangkan tujuan dari Perda Tibum adalah dalam rangka meningkatkan tata kehidupan Kabupaten Beltim yang tertib, aman, nyaman, tenteram, indah, serta berdisiplin. Untuk itu, diperlukan adanya pengaturan di bidang ketertiban umum yang mampu melindungi warga masyarakat dan sarana prasana daerah berikut kelengkapannya.
“Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Ini adalah payung hukum bagi aparatur penegakan ketertiban dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja,” kata Amrullah.
Mantan pengacara ini menyatakan dengan selesainya sosialisasi di tujuh kecamatan di Kabupaten Beltim, berarti tahapan aturan untuk diundangkan sudah resmi dan sah diberlakukan di Kabupaten Beltim.
“Alhamdulillah sudah selesai. Hampir satu bulan kita sosialisasikan dua Perda ini ke perwakilan masyarakat di 7 kecamatan. Dengan selesainya ini kita mengharapkan masyarakat akan mendukung dan ikut aturan yang ada,” ujarnya. (hms)