Perdin Anggota 2 Kali per Bulan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Sesuai Keputusan Banmus DPRD

TANJUNGPANDAN-Kunjungan anggota DPRD Kabupaten Belitung ke luar daerah belakangan sering diberitakan. Namun, masih saja ada masyarakat yang menanyakan bagaimana prosedur kunjungan kerja arau perjalanan dinas itu dilakukan oleh para wakil rakyat.
Ternyata, perjalanan dinas luar daerah anggota DPRD Belitung tahun sidang 2015 hanya dapat dilakukan sebanyak maksimal dua kali per bulan. Ini sesuai kesepakatan bersama yang dibahas dalam rapat Banmus DPRD dan telah di jadwalkan melalui Komisi.
Plt Sekwan Kabupaten Belitung B Maya Hasibuan ketika dikonfirmasi Belitong Ekspres Jumat (20/2) lalu menyatakan, perjalanan dinas untuk anggota DPRD Kabupaten Belitung telah diputuskan dan disepakati dalam rapat bersama badan musyawarah (Banmus) ke I DPRD Belitung tahun sidang 2015.
“Maksimal dua kali perjalan dinas sesuai kesepakatan dalam rapat Banmus tanggal 12 Januari 2015. Namun, kalau pun ada tambahan perjalanan dinas lainnya, sah-sah saja. Sebab, itu tergantung dari urgensi kegiatan,” beber Maya sambil menunjukkan lembaran kertas berisi kesimpulan yang telah disepakati dalam rapat Banmus DPRD.
Maya mengatakan, perjalan dinas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Belitung yang berkaitan dengan kegiatan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, dalam setiap tahunnya hanya dilaksanakan sebanyak delapan kali. “Untuk perjalan dinas lainnya akan di sesuaikan dengan undangan,” singkatnya.
Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Isyak Meirobie menyatakan perjalanan dinas bukan dibatasi. Namun, disepakati oleh anggota Banmus DPRD. “Sesuai kesepakatan memang dua kali. Namun,itu bisa lebih. Tergantung urgensi dan bersifat insidentil,” katanya.
Politikus Partai NasDem Belitung ini menyatakan, perjalanan dinas DPRD harus memenuhi beberapa hal. Di antaranya, tidak melanggar aturan perundang-undangan, harus sesuai prioritas dan urgensi tujuan. “Selain itu, harus sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang di setujui dalam RAPBD tahun 2015 dan di sepakati dalam rapat internal DPRD,” jelasnya.
Lanjut, Isyak, pelaksanaan perjalanan dinas harus bersifat adil,transparan serta dapat di pertanggung jawabkan hasil dan kinerjanya kepada publik. “Hasil Banmus tidak bermaksud membatasi dua kali. Hanya menyesuaikan dengan kemampuan anggaran. Jika, ada perjalanan yang bersifat penting dan disetujui oleh Ketua DPRD. Tentu, dapat dilaksanakan sebatas itu kembali kapada syarat di atas,” terangnya.
Dia menambahkan, dalam tatib DPRD memang tidak di atur soal batasan jumlah perjalanan dinas. Namun, itu lebih kepada kesepakatan internal dalam badan musyawarah.
“Dan Banmus itu merupakan cermin perwakilan dari setiap fraksi,” pungkasnya. (mg2)

banner 1200x200

Baca Juga:  Pelabuhan Tanjung Batu Akan Segera Direvonasi
Rate this article!
Tags:
author

Author: