Peresmian Kelenteng Kampit, Ribuan Lampion Hiasi Jalan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Panitia Siapkan Hadiah Utama, 1 Unit Mobil Honda Mobilio

KELAPA KAMPIT – Ada pemandangan tak biasa dan berbeda saat memasuki Jalan Pasar kecamatan Kelapa Kampit kabupaten Belitung Timur (Beltim). Pasalnya, kurang lebih 3000 lampion berjejer nan indah menghiasi jalan sepanjang  satu kilometer, mbak suasana China Town.
Ribuan lampion tersebut dipasang tak lain guna menyemarakan peresmian Kelenteng Kelapa Kampit yang akan digelar selama 3 hari 3 malam. Panitia pelaksana pun sudah menyiapkan dana kurang dari Rp 2 miliar hanya untuk peresmian Kelenteng beronamen Negeri Tirai Bambu tersebut.

Ketua Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit, Kamarudin Muten mengatakan peresmian kelenteng termegah di Belitm itu akan dimulai pada Jumat, Sabtu dan Minggu (9,10,11/1) pekan mendatang.
“Kita sudah siapkan segalanya. Mulai dari persiapan hingga acara, dan ini masih tinggal membenahi yang kurang, misalnya pemasangan set panggung, lampu dan lainnya. Namun Saya yakin hingga hari peresmian semuanya akan terlaksana,” kata pria yang akrab disapa Afa, Sabtu pekan (2/1) lalu.
Afa mengaku sudah mendesain lentera/lampion yang menghiasi kota Kelapa Kampit sepanjang 1 Km semua nampak merah penuh semangat. “Kami juga sudah pasang lentera/lampion sepanjang jalan menuju Kelenteng Jalan Pasar Kelapa Kampit, dan itu ada sekitar 3.000 lebih yang terpasang,” terang Afa.
Selain itu, persiapan lainnya, seperti set panggung dan meja undangan yang sudah diatur sedemikian rupa. Dengan tingkat undangan yang sudah tersebar sebanyak kurang lebih 5.000 undangan, yang terdiri VVIP, VIP dan Undangan biasa.

Baca Juga:  Tare Minta Hentikan Kapal Apung di Perairan Tanjung Kelayang

“Undangan sudah kita sebar, bukan hanya dari Indonesia, namun dari luar negeri pun akan kita undang, di antaranya sahabat dan rekan pengusaha dari Tiongko,  Malaysia, Singapure, dan lainnya. Untuk itu saya harap kepada semua undangan kiranya membawa kertas undangan tersebut, guna mengatur tempat dan meja,” sebut Afa.

Kelenteng yang nampak megah dan kokoh dengan ornamen dari Negeri Tiongkok ini, tetap berkonsepkan I dan W, yakni Ibadah dan Wisata. Dengan adanya kelenteng itu Afa berharap kabupaten Beltim, khususnya Kelapa Kampit nantinya akan menjadi pusat wisata religi dan menambah khasanah tempat pariwisata Beltim.

“Sejauh ini sudah banyak wisatawan yang datang ke Kelenteng ini, meski hanya untuk berfoto bersama dan ditambah adanya taman Dewi Kwan Im. Nah ke depan mudah-mudahan akan lebih banyak lagi,” kata dia.
Afa menambahkan, hari pertama peresmian, Jumat (9/1) mulai pukul 08.00 WIB dengan agenda acara ritual keagamaan, hingga siang dilanjutkan acara peresmian Kelenteng sekitar pukul 14.00 WIB hingga selesai. Dan pada malam harinya para pengunjung akan dihibur oleh artis dari Ibukota dan artis Mandarin, atriaksi kolaborasi antara Beripat beregong, serta sulap Tatung berjalan di atas bara api dan atriaksi lainnya.

“Hingga acara malam ke 2 dan ke 3 pengunjung dan undangan masih akan dihibur oleh artis Ibukota,”tutup Afa sembari mengajak semua kalangan masyarakat untuk meramaikan pesta peresmian Kelenteng Kelapa Kampit.

Baca Juga:  Basri Latief Patut jadi Contoh Bagi para Caleg yang Gagal

Panitia Siapkan Hadiah Mobilio Type E

Ketua Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit, Kamarudi Muten mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan banyak hadiah doorprice untuk undangan dan pengunjung pada peresmian kelenteng tersebut. Dengan hadiah utama satu unit Mobil Honda Mobilio Type E berwarna merah gelap metalic yang kini sudah terparkir.
Pria yang akrab disapa Afa didampingi Ketua Panitia pelaksana seksi acara, Hendro Liu Jumat (2/1) pekan lalu, mengeluarkan mobil itu untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa benar adanya hadiah yang dimaksud.
Untuk mendapatkan sebuah mobil tersebut kata Afa, sangatlah mudah. Hanya dengan menyumbang lewat pembelian kupon seharga Rp.100 ribu, semua undangan dan pengunjung yang memiliki kupon akan diundi setiap malam berlangsungnya kegiatan peresmian.

“Hadiah sebuah Mobil Honda Mobilio Type E sudah kita datangkan. Siapa pun bisa dan berhak memiliki hadiah mobil ini, dan juga hadiah menarik lainnya cukup dengan meyumbangkan Rp.100 ribu, dan akan kita tukarkan dengan kupon. Setiap malam kegiatan berlangsung kupon tersebut akan kita undi. Kupon saat ini sudah bisa kita dapatkan, di antaranya di Mie Atep Tanjung Pandan, Radio Hoki Tanjung Pandan, Rumah Makan Manlie Kelapa Kampit serta Kopitiam Manggar,” terang Afa.
Selain hadiah Mobil, Afa juga menjanjikan akan membagikan hadiah lainnya dia ntaranya 3 Sepeda motor, Sepeda, Mesin cuci, Lemari es, serta hadiah menarik lainnya dan akan diundi setiap malam kegiatan berlangsung. (feb)

Tags:
author

Author: