Perjuangkan Upah Pasukan Kuning

PANGKALPINANG -Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menperjuangkan penambahan anggaran petugas kebersihan atau pasukan kuning yang ada di kota itu agar bisa hidup lebih layak.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady, Kamis (13/7), mengatakan pasukan kuning ini merupakan ujung tombak pemerintah daerah untuk menjaga kebersihan kota dari berbagai macam jenis sampah yang di produksi setiap hari khususnya di Kota Pangkalpinang.

RajaBackLink.com

“Saat ini gaji mereka Rp1,5 juta per bulan, padahal kinerja cukup maksimal dan bekerja setiap hari membersihkan sampah. Permasalahan gaji ini sudah masuk dalam pembahasan di Komisi III, kami saat ini sedang mengupayakan agar para pahlawan lingkungan ini bisa mendapatkan upah yang lebih layak dari sebelumnya,” katanya.

Baca Juga:  Kurangi Resiko Banjir, Pemkot Canangkan 1.000 Biopori

Rio mengatakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan merupakan mitra Komisi III, dalam pembahasan Kebijakan umum PPAS APBD 2018 sempat menjadi perhatian anggota komisi, mengingat mereka memiliki resiko kerja yang tinggi, maka wajar jika mendapatkan apresiasi.

“Kami merasakan kinerja pasukan kuning sudah cukup baik, mulai dari pagi sebelum azan subuh sudah ada yang melaksanakan tugas mereka, hingga malam hari ketika sebagian besar orang sudah pulang kerja berkumpul dengan anggota keluarga, mereka masih ada yang melaksanakan tugas membersihkan sudut-sudut Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Dikatakannya, di tingkat komisi, pihaknya sudah sepakat perlu adanya penambahan anggaran untuk pasukan kuning dan tinggal dikawal pada saat pembahasan di badan anggaran dan selanjutnya dimasukkan APBD Perubahan 2017.

Baca Juga:  Penyertaan Modal Rp30 M untuk BUMD Perlu Dikaji Ulang

“Namun mengingat gaji tenaga honor dan standar satuan harga merupakan domain eksekutif, maka kami berharap kepala daerah dapat segera mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk perwako tentang gaji tenaga honor atau pasukan kuning tersebut. Kami akan kawal ini,” katanya.

Rio mengimbau kepada seluruh petugas kebersihan yang ada di kota itu untuk tetap bekerja dengan baik dan maksimal seperti hari biasanya.

“Selain itu kami juga mohon doa semoga perjuangan kami di legislatif dalam peningkatan anggaran pasukan kuning dapat berjalan mulus tanpa hambatan,” ujarnya.(ant/rb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: