Perlengkapan Dalmas Didistribusikan ke Setiap Polsek

by -

MANGGAR – Polres Belitung Timur (Beltim) mendistribusikan perlengkapan pengendali massa (Dalmas) ke seluruh Polsek se Beltim. Masing-masing Polsek memperoleh 20 set perlengkapan yang terdiri dari helm, tameng, rompi dan tongkat pengaman.

“20 set per Polsek, itu sama dengan SSP (Satuan Setingkat Peleton) karena satu peleton sekitar 30 set perlengkapan,” terang Kabag Ops Polres Beltim, Kompol Yusuf Rusman kepada Belitong Ekspres, Selasa (5/5) kemarin.

Dijelaskan Kompol Yusuf, distribusi perlengkapan bertujuan untuk mempercepat tindakan apabila sewaktu-waktu ada kejadian di wilayah Polsek. Selain itu, hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi sebelum satuan Dalmas Polres tiba di lokasi.

Selain itu perlengkapan Dalmas ini juga bagian dari persiapan pengamanan Pilkada Beltim yang akan di gelar akhir tahun ini.

“Tujuannya percepatan, apabila terjadi sesuatu maka bisa langsung dipergunakan tanpa menunggu Polres. Kapan saat dibutuhkan harus siap, karena semua sudah memikiki pelatihan dasar,” jelasnya.

Kompol Yusuf menambahkan, perlengkapan Dalmas yang diberikan menjadi inventaris Polsek. Termasuk, perawatan perlengkapan menjadi tanggungjawab setiap Polsek.

“Ada empat Polsek yang mendapat perlengkapan. Polsek Dendang, Gantung, Manggar dan Kelapa Kampit, karena di wilayah Polsek pun tetap perlu dipersiapkan,” tandasnya. (feb)