Permainan Tradisional Harus Digali

by -

TANJUNGPANDAN – Festival Tradisi Bahari tahun 2015 kembali berlangsung di Pantai Tanjungpendam. Acara ini akan berlangsung mulai Selasa 11 Agustus 2015 hingga Minggu 16 Agustus 2015.
Kepala UPTD Tanjungpendam Sugianto mengatakan, ada tujuh macam permainan tradisional yang dilombakan. Yaitu lomba dayung beregu, tarik tambang perahu beregu, merajut jaring, gebuk bantal, tarik tambang laki-laki, tarik tambang wanita, dan lomba mencari kijing.

Sugianto menjelaskan lomba dimulai sejak pukul 14.00 WIB. Sementara khusus hari Minggu dimulai pukul 09.00 WIB. Setiap desa atau kelompok bisa mengikuti lomba. “Semuanya gratis tanpa dipungut biaya,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani mengatakan lomba tradisional seperti ini harus dilestarikan. Bila perlu permainan tradisional disetiap desa di Belitung digali untuk dilombakan.
Ia juga berharap dinas lebih kreatif membuat kegiatan. Misalnya dengan melibatkan turis untuk mengikuti lomba. Tentu saja untuk melestarikan dan memperkenalkan permainan khas Belitong. (ade)

Foto ist : lomba dayung beregu pada acara pembukaan