Pertengahan Juni, Belitung Akan “Digempur” Pasukan Jalak Sakti

by -
Pertengahan Juni, Belitung Akan "Digempur" Pasukan Jalak Sakti
Pasukan Paskhas TNI AU melakukan latihan antar Satuan Jalak Sakti 2019 di lapangan AWR Buding.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I akan menggelar latihan antar satuan Jalak Sakti, di Air Weapon Range (AWR) Buding Lanud H. AS Hanandjoeddin, pada tanggal 14 -15 Juni 2021 mendatang.

Kabar pelaksanaan latihan tempur TNI Angkatan Udara (AU) di Negeri Laskar Pelangi ini dibenarkan Danlanud H. AS Hanandjoeddin, Letkol Nav Rudy Hartono.”Betul adanya kabar tersebut. InsyaAllah, akan dilaksanakan pada pertengahan Bulan Juni ini. Yakni, tanggal 14-15 Juni 2021,” kata Letkol Nav Rudy, Rabu (2/6).

Lulusan AAU 2001 itu mengatakan, pada pelaksanaan latihan antar satuan Jalak Sakti tahun ini, TNI Angkatan Udara menerjunkan sebanyak ratusan personil. Termasuk pasukan Hardha Marutha I, Wing I Paskhas.

Selain itu, latihan ini juga melibatkan berbagai pesawat milik TNI Angkatan Udara. Diantaranya adalah pesawat tempur, pesawat angkut, helikopter dan pesawat intai. “Kami mohon do’a serta dukungan dari seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sehingga, kegiatan latihan tempur ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M resmi membuka latihan antar satuan Koopsau I dengan sandi “Jalak Sakti” TA 2021, di Ruang Olah Yudha Makoopsau I, Rabu (2/6).

Pembukaan latihan ini dilaksanakan secara daring dengan seluruh Lanud di jajaran Koopsau I. Pelaksanaan latihan Jalak Sakti 2021 ini digelar bersamaan dengan latihan Hardha Marutha I, Wing I Paskhas.

Dalam sambutannya Pangkoopsau I mengatakan, latihan antar satuan jajaran Koopsau I Jalak Sakti dan Hardha Marutha I tahun 2021 merupakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsau I. Yakni, merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil dalam menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi.

“Serta untuk mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability Wing I Paskhas dalam merancang, mengendalikan dan melaksanakan latihan dengan metode Gladi Posko dan Gladi Lapangan dengan sifat satu pihak dikendalikan,” kata Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi melalui realese resmi Koopsau I.

Karena itu, Pangkoopsau I mengharapkan agar semua pelaku dapat berbuat yang terbaik serta mengerti dan memahami apa yang harus dilaksanakan selama latihan. “Sehingga latihan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tegas Pangkoopsau I.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoopsau I juga mengajak untuk tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan terbang dan kerja selama latihan berlangsung. Pangkoopsau I juga berpesan agar selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap mengunakan masker saat latihan, rajin cuci tangan dan sosial distancing.

Untuk diketahui, latihan dengan tema “Koopsau I beserta satuan jajaran dan Wing I Paskhas melaksanakan latihan operasi udara tahun 2021 di wilayah Koopsau I dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur satuan” ini dilaksanakan mulai dengan rangkaian Gladi Posko, Tactical Air Manuvering Game (TAMG) dan dilanjutkan Manlap.

Adapun Gladi Posko dilaksanakan tanggal 2-5 Juni. Sedangkan Manlap akan dilaksanakan tanggal 14-15 Juni 2021, di AWR Buding Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Belitung.

Turut hadir dalam pembukaan latihan Gladi Posko Kaskoopasu I, seluruh Asisten Koopsau I, Komandan Lanud, Komandan Wing, Komandan Skadron di jajaran Koopsau I, Komandan Wing I Paskhas dan pejabat latihan wasdal, Kolat dan pelaku latihan. (penash/penkoopsau I)