Pertengahan Maret Premium Kosong, Diganti dengan Pertalite Harga Khusus

by -
Pertengahan Maret Premium Kosong, Diganti dengan Pertalite Harga Khusus
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, PANGKAPINANG – Warga Pangkalpinang diharapkan tidak terkejut jika tidak menemukan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium atau Ron 88 alias kosong di sejumlah SPBU. Tak tersedianya premium di SPBU sesuai rencana PT Pertamina untuk menarik BBM bersubsidi ini di pertengahan Maret ini.

Namun, ini belum ke seluruh wilayah Bangka Belitung (Babel), sementara waktu untuk di Pangkalpinang saja. Kendati demikian, pengguna setia premium ini bisa berganti ke BBM Pertalite dengan harga khusus. Walau hanya diperuntukan bagi roda dua, tiga dan kendaraan bernomor plat kuning.

“Dengan ini kita harap masyarakat dapat beralih ke pertalite,” ungkap Branch Sales Manager PT Pertamina Bangka Satriyo Wibowo Wicaksono, beberapa hari yang lalu.

Wicaksono menjelaskan, “penghapusan” premium merupakan dukungan Pertamina untuk program Langit Biru yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia.

“Salah satunya penggunaan BBM ramah lingkungan. Maka premium kita tarik/kurangi, kita ganti dengan pertalite harga premium, atau harga khusus. Itu nanti dimanfaatkan oleh kendaran dua tiga dan plat kuning,” jelasnya.

Namun ditegaskan dia bahwa premium tetap bisa digunakan oleh para nelayan. “Mulai pertengahan Maret ini, sementara di Pangkalpinang dulu. Tapi sata pastikan akhir tahun ini sudah ke semua wilayah Babel menikmati pertalite harga khusus,” paparnya.

Disamping itu, pihaknya juga menawarkan program kemitraan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. “Kami mendorong agar BBM ini lebih dekat dengan masyarakat. Jadi tidak lagi harus jauh datang ke SPBU,” ungkapnya.

Namun ini, lanjut Wicaksono, pihaknya hanya melayani untuk produk saja. “Investasi cukup terjangkau jika dibandingkan dengan SPBU. Ini sangat bagus untuk pengembangan ekonomi desa,” demikian Wicaksnono. (jua)