Perusahaan Diminta Tetap Jalankan Kewajiban

by -

TANJUNGPANDAN-Ketua Fraksi Amanat Pembangunan Sejahtera (APS) Kabupaten Belitung Saryadi, mengingatkan kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Belitung agar tetap menjalankan kewajibannya terutama dalam hal yang berkaitan dengan hak para pekerja atau buruh.
“Seperti pembayaran tunjangan hari raya (THR) itu harus diutamakan,” ujarnya kepada Belitong Ekspres Jumat (26/6) kemarin, di Ruang Komisi III DPRD Belitung.
Saryadi mengatakan, jika ada perusahaan yang berpolemik dan merubah perjanjian kesepakatan kerja sesuai dengan laporan dan penyampaian aspirasi para buruh ke DPRD, dirinya berharap agar perusahaan bisa membuat suatu kebijakan yang adil. “Kami nanti akan melihat akar persoalannya bagaimana. Apakah bisa kita tanggapi langsung atau lewat koordinasi dengan pengawas tenaga kerja di Belitung?” ucap Anggota komisi III DPRD Belitung itu.
Saryadi menambahkan, kondisi inflasi yang terjadi di Tanjungpandan saat ini menjadi sebuah kemungkinan dari penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi buruh. “Oleh karena itu, kita kemarin sudah melakukan sidak ke PT AKM dalam rangka pengawasan tenaga kerja kaitannya dengan kesejahteraan buruh. Namun, kita tidak menemukan problem di sana (PT AKM,red),” tutupnya. (mg2)