Petaling Berage Semarak dan Sukses

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Hendra Cahya, Asisten II Setda Belitung Jasagung Haryadi saat menghadiri acara Petaling Berage

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Hendra Cahya, Asisten II Setda Belitung Jasagung Haryadi saat menghadiri acara Petaling Berage

*Maknai Bahagianya Masyarakat Sambut Bulan Suci Ramadhan

RajaBackLink.com

belitongekspres.co.id, SELAT NASIK – Acara Petaling Berage (Beruah Kampong) Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik Rabu (24/4) lalu, berjalan semarak dan sukses. Agenda rutin tahun tersebut dihadiri ratusan masyarakat desa setempat.

Bertempat di gedung serba guna Desa Petaling, sejumlah kesenian dan kebudayaan tradisional ditampilkan pada kegiatan tersebut. Seperti aneka seni tarian, makan bedulang, lomba fashion show muslim dan muslimah, lomba Tartil Qur’an, lomba adzan dan aneka perlombaan lainnya.

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Hendra Cahya, Asisten II Setda Belitung Jasagung Haryadi, Camat Selat Nasik Azhari, Kades Petaling Asnawi, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta tamu undangan lainnya.

Baca Juga:  Trouble, Kapal Yacht Terombang-Ambing

Ketua panitia kegiatan Jhony Lumatho mengatakan, Petaling Berage adalah kegiatan agenda tahunan Desa Petaling yang mana, kegiatan ini juga masuk dalam agenda kegiatan Kecamatan Selat Nasik.

Kegiatan Petaling Berage ini kata Jhony, juga untuk memaknai bahagianya masyarakat Desa Petaling dalam menyambut Bulan suci Ramadhan serta mengenang dan mendoakan orang tua, sanak keluarga yang telah dahulu berpulang menghadap Yang Maha Kuasa.

Kata Jhony, terselenggaranya kegiatan ini berkat kerjasama masyarakat Desa Petaling, yang juga didukung oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Petaling, tokoh adat, tokoh agama, dan Pemerintah Kecamatan Selat Nasik.

Baca Juga:  Pengalihan Arus Jalan Tak Bisa Serta Merta

“Selain bernuansa islami, kegiatan ini juga mengangkat seni budaya lokal masyarakat Melayu Belitong, yaitu makan Bedulang atau makan Berage,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Petaling Asnawi juga mengucapkan syukur acara Petaling Berage berjalan lancar dan sukses. “Alhamdulilah acara dapat berjalan lancar. Tak kurang ada sekitar 500 orang yang datang, kedepannya kita akan buat lebih meriah lagi,” ucapnya.

Kades menjelaskan, selain untuk menjaga kearifan dan kebudayaan lokal, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan sektor pariwisata di Negeri Laskar Pelangi.

“Semoga dengan adanya acara ini, wisatawan yang datang akan semakin ramai, kemudian kampung akan semakin maju dan perekonomian masyarakat akak semakin meningkat,” katanya. (rez)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply