Petani Berupaya Tingkatkan Produksi Beras

by -

*Pemkab Ambil Alih Produksi Beras Lokal Danau Nujau

foto A

Petani Danau Nujau saat menjemur gabah padi yang siap untuk di giling dan dijadikan beras, di halaman kawasan persawahan Danau Nujau Gantung, Jumat (27/2) kemarin.

MANGGAR –Menyusul naiknya harga beras di pasaran belakangan hari ini, Pemerintah kabupaten Belitung Timur (Beltim), berencana akan mengambil alih hasil produksi beras lokal yang ada di persawahan milik Petani Danau Nujau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung.

Meski rencana itu belum terealisasi, namun setidaknya Petani Danau Nujau, Desa Gantung, Kecamatan Gantung merupakan prioritas, yang harus mempersiapkan kualitas produksi beras lokal.

Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Danau Nujau, Akhmadi Julianto mengatakan, upaya kualitas peningkatan produksi padi tersebut akan tetap dilakukan. Untuk merealisasikan rencana pemerintah ini, pihaknya tetap akan berupaya semaksimal mungkin.

“Kita tergantung petani, dan tergantung hasil panen hasilnya seperti apa. Kalau siap atau tidaknya, kita akan usahakan,” ungkap pria yang akrab disapa manto saat ditemui harian ini Jumat (27/2) kemarin.
Manto menuturkan, dalam menentukan kualitas produksi padi dengan hasil baik, harus memerlukan pengairan sawah yang cukup. Ia tidak memungkiri saat ini areal persawahan Danau Nujau hanya mengharapkan datangnya hujan.

“Ya paling tidak air nya harus cukup. Kita sekarang hanya berharap hujan, soalnya kondisi irigasi kita kurang baik,” ucap Manto.

Selain air, kata Manto, untuk menghasilkan padi yang memadai, petani harus mendapatkan cuaca yang cerah, terutama pada saat panen raya. Sebab, berhasil tidaknya panen di suatu persawahan, sangat berkaitan erat dengan faktor cuaca.

“Ya kalau cuacanya hujan saat panen pencuma, pasti kualitas akan kurang. Karena disitu ada faktor kelembapan,” ujarnya.

Dia berharap, ke depan ada penampung yang membeli secara besar-besaran, usai dilakukan panen raya. “Dengan ada yang menampung, para petani di Danau Nujau tidak harus memikirkan pemasaran, usai terjadinya panen raya,” tutup Manto. (feb)