Petani Binaan PT Timah Panen dan Hasilkan Kualitas jagung Terbaik

by -
Petani Binaan PT Timah Panen dan Hasilkan Kualitas jagung Terbaik
Pekerja PT Timah TBK dan petani saat memanen jagung beberapa waktu lalu. (ist)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – PT Timah unit produksi Belitung bersama kelompok tani binaannya memanen ratusan kilogram cabe dan jagung di Desa Selingsing, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Acara panen raya ini dilaksanakan Jumat (10/1) akhir pekan lalu. Untuk diketahui, petani tersebut menanam bibit sekitar pertengahan 2019 lalu.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengangkutan UPB, Sindhu Putro, mengatakan, panen raya ini merupakan program PT Timah tentang pemberdayaan petani yang ada di Pulau Belitung.

Sejak direklamasi beberapa tahun lalu, warga sekitar sudah beralih ke sektor pertanian dan perkebunan. Banyak masyarakat bercocok tanam. Seperti menanam ubi, padi, hingga tanaman kacang-kacangan.

Adapun tanaman yang dipanen tersebut memiliki lahan seluas 0,5 hektar dan jumlah tanaman jagung sebanyak 6000 batang. Hasil panen jagung tersebut akan dijual ke pasaran yang ada di Belitung.

“Dari panen kemarin, kita mampu menghasilkan jagung dengan kualitas terbaik sebanyak 1,2 ton,” ujar Sindhu kepada belitongekspres.co.id, Senin (13/1/2020).

Setelah panen ini, rencananya dalam waktu dekat PT Timah dan Kelompok Tani Anugrah Selingsing akan kembali melakukan penanaman, salah satunya jenis cabai. Harapannya, dalam waktu beberapa bulan ke depan bisa dipanen.

“Di panen ini, kita bisa menghasilkan 1,2 ton. Untuk panen selanjutnya kami menargetkan tiga ton,”pungkas Sindhu.

Editor: Subrata
Reporter: Ainul Yakin