Petani Diminta Tunda Bertanam

by -

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Tarmizi Saat mengingatkan petani di daerah ini untuk mewaspadai ancaman kekeringan dengan cara menunda bercocok tanam pada musim kemarau. “Saya ingatkan kepada seluruh petani, musim kemarau seperti sekarang dapat mengakibatkan kekeringan di lahan pertanian sehingga hasil panen tidak akan maksimal,” katanya, Kamis (3/9).
Ia mengatakan, para petani lebih baik menunda menanam tanaman sampai musim penghujan, karena kalau memaksa menanam tanaman harus secara rutin melakukan penyiraman. “Bagi petani yang sudah terlanjur menanam tanaman hendaknya harus disiram secara rutin agar hasil panennya tetap memuaskan,” kata bupati.
Menurut bupati, kebutuhan pasokan air pada musim kemarau tidak hanya dibutuhkan oleh tanaman namun masyarakatpun sangat membutuhkan untuk keperluan rumah tangga. “Saya minta agar masyarakat dapat lebih hemat menggunakan air, gunakan air sesuai kebutuhannya,” ujarnya.
Sementara menurut salah satu petani, Aryo dirinya mengalami kerugian akibat tanaman pepaya banyak yang mati karena tanah kering serta tanamannya kekuarang air. “Akibat kemarau sekarang, puluhan batang pepaya banyak yang mati dan saya tidak mampu menyiramnya karena keterbatasan pasokan air,” katanya.(ant/rb)