Petani Tunda Tanam Padi

by -

MUNTOK – Sebagian besar petani di Kabupaten Bangka Barat (Babar) diperkirakan akan menunda masa tanam padi seiring datangnya musim kemarau panjang yang masih terus berlangsung.
“Biasanya pada Agustus hingga awal September para petani sudah mulai tanam padi, namun untuk tahun ini ditunda karena banyak lahan yang masih kering,” kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian, Perkebunan dan peternakan Kabupaten Bangka Barat, Darmono, Selasa (12/8).
Ia mengatakan, tahun ini kemungkinan besar para petani di daerah itu baru akan memulai tanam perdana padi pada Oktober atau satu bulan sebelum musim hujan. Menurut dia, penundaan masa tanam tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan gagal panen yang akan cukup merugikan petani, mengingat musim kemarau panjang yang juga dirasakan. “Ada sekitar 20 persen petani yang menanam pada Juli lalu, kemungkinan besar mereka akan gagal panen,” kata dia.
Ia menerangkan, 20 persen lahan yang sudah ditanam padi tersebut seperti di lahan pertanian sawah di Pebuar, Tumbakpetar, Beruas dan di sebagian lahan persawahan Tuik.
Meskipun sudah ada sebagian petani yang terlanjur menanam, ia tetap optimis target produksi padi tetap tercapai. “Kami akan berupaya sekuat tenaga membantu petani melalui program peningkatan produktivitas lahan dan berbagai bantuan untuk mencapai target produksi padi daerah sekaligus mengurangi ketergantungan pasokan dari luar daerah,” kata dia. (Ant/RB)