Petugas Kebersihan DLH Kumpulkan 8 Truk Sampah

Para petugas Kebersihan DLH Kabupaten Belitung sedang membersihkan sampah di Pulau Lengkuas, Selasa (11/6) kemarin.

* Dari Tiga Lokasi Sampah Menumpuk Selama Lebaran

RajaBackLink.com

belitongekspres.co.id, SIJUK – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung melakukan pembersihan sampah di beberapa titik wisata di kecamatan Sijuk, Belitung. Hal itu dilakukan karena diperkirakanya banyak sampah menumpuk selama musim lebaran.

“Ada 3 lokasi yang kita bersihkan, yaitu pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung Edi Usdianto, Selasa (11/6) kemarin.

Baca Juga:  Aipda Heriyadi Ingatkan Penyakit 'Kuber, Kurap & Kudis' di SMPN 3 Badau

Dirinya mengatakan kegiatan ini juga sebagai aksi nyata dalam rangka hari lingkungan hidup yang jatuh tanggal 5 Juni 2019. Adapun petugas yang ikut dalam pembersihan tempat wisata kemarin sekitar 60 orang personil.

“Ketiba di lokasi kita berbagi tugas, ada yang ke Pulau di Tanjung Kelayang dan di Pantai Tanjung Tinggi,” jelas pria yang akrab disapa Edu ini.

Dari kegiatan tersebut sebanyak 8 truk sampah berhasil mereka kumpulkan dan langsung diangkut ke tempat pembungan akhir. “Hasil sampah di Tanjung tinggi 6 truk, Tanjung Kelayang 1 truk. Untuk di Pulau Lengkuas sekitar setengah truk, karena banyak sampah plastik,” jelasnya.

Baca Juga:  MZ Hendra Caya Resmi Menjabat Sekda Belitung

Edu berharap agar para wisatawan lebih bijak dalam menjaga keindahan, kebersihan tempat wisata. Yaitu dengan tidak membuang sampah-sampah kemasan makanan dan minuman secara sembarangan.

“Buanglah pada tempatnya. Jangan sampai sepanjang perjalanan laut ke pulau-pulau membuang sampah ke laut atau di pulau,” pinta Edu.

“Kepada pemandu wisata kami minta juga untuk mengingatkan, menghimbau wistawan menjaga kebersihan. Termasuk pemilik kapal agar menyiapkan tempat sampa di kapal-kapal mereka,” harapnya. (dod)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply