Piala Gubernur Cup I

by -

Setahun Berlalu, Uang Hadiah Belum Diterima

foto kirian - Copy

Hanya ada piala daam papan hadiah uang tunai Rp.3 juta yang hingga kini masih terpajang indah di MB Bakti Praja Simpang Pesak.

MANGGAR – Hampir satu tahun berlalu, Marching Band (MB) Bakti Praja Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) diberi pengharapan palsu (PHP). Hadiah yang dijanjikan pada lomba Beach Drum Band 2014 Competition, Piala Gubernur Cup I, yang digelar di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Manggar tahun lalu, belum juga direalisasikan.

Padahal sebagai peraih juara kedua untuk katagori Non Brass (Tanpa menggunakan alat tiup), pada final tangga 22 Juni 2014, pihak panitia menjanjikan hadiah uang tunai Rp.3 juta

“Yang baru kami terima waktu itu hanyalah piala dan papan simbolis hadiah uang tunai, yang tertulis Rp.3 juta. Namun hingga kini uang tersebut belum juga kami diterima. Saat ditanyakan ke beberapa panitia mengatakan tidak ada yang tahu,” ungkap Heni, koordinator MB Bakti Praja kecamatan Simpang Pesak, Kepada Belitong Ekspres, Senin (3/8) kemarin.

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan Heni, bukanlah masalah besarnya hadiah yang diperebutkan, namun komitmen dari penyelenggaraan kegiatan tersebut. Apalagi membawa nama kompetisi se Babel piala Gubernur Babel cup I.

“Kecewa lah, siapa juga yang tidak meresa kecewa atas perlakuan seperti ini, apalagi jelas ini sudah ada hitam di atas putihnya berupa janji untuk masalah hadiah yang berupa uang tunai,” sesal Heni.

Heni pun hingga kini hanya bisa menyimpan papan hadiah simbolis yang disandingkan dengan piala. Ia tak tahu harus mengadu dan harus mempertanyakan kepada siapa lagi yang akan bisa dan ingin bertanggung jawab atas hadiah yang dijanjikan 1 tahun lalu.

Ternyata bukan hanya Heni yang merasa kecewa, Koordinator MB Bina Shabari Pemkab Beltim, yang enggan namanya disebutkan juga demikian. MB Bina Shabari merupakan peraih juara ke 3 untuk katagori Brass (Menggaunakan alat tiup) pada kompetisi tersebut.

“Sudah, pernah kami pertanyakan hal ini kepanitia, namun ada panitia Provinsi yang menyebutkan bahwa hadiah uang tunai tersebut tidak ada. Karena ada kesalahan penulisan pada anggaran yang di ABT kan, kan rincuh jadinya. Yah jika memang tidak ada dana, jangan buat janji kepada peserta, kan yang ikut pada waktu itu juga ada peserta yang dari luar Pulau Belitung,” ungkap pria, koordinator MB Bina Shabari dengan nada kecewa.

MB Bina Shabari juga mengalami hal yang sama dengan rekannya MB Bakti Praja Simpang Pesak. MB Bina Shabari Pemkab Beltim, meraih juara ke 3 katagori Brass hanya dijanjikan hadiah sebesar Rp.2.5 juta dan itu pun hingga kini belum juga diterima.

Sebelumnya harian ini juga pernah memberitakan kegiatan kompetisi MB se Babel dan ajang festival drum band ini, dilaksanakan selama dua hari, terhitung 21 hingga 22 Juni 2014 lalu, dan yang pertama kalinya digelar di Babel dan di Beltim.

Kompetisi ini, diikuti oleh 12 MB, diantaranya; Gita Wangka Bangka, Gita Buana Beltim, Setia Budi Bangka, Gema Insani Belitung, Swarkanada Babar, Bahana Melati Bangka, Bina Shabari Beltim, Gita Swara Mts Beltim, Bina Praja Belitung, Bina SmandaBelitung, Bakti Praja Beltim, dan Smansa Gantung Beltim. (feb)

Juara Piala Gubernur Cup I :

JUARA KATEGORI BRASS (Menggunakan alat tiup)
1) MB Gita Wangka – Sungai Liat Bangka : nilai 214
2) MB Setia Budi – Kab. Bangka : nilai 212
3) MB Bina Shabari – Kab. Beltim : nilai 184

JUARA KATEGORI NON BRASS (Tanpa menggunakan alat tiup)
1) MB Bahana Melati – Kab. Bangka : nilai 151
2) MB Bakti Praja – Kab. Beltim : nilai  93
3) MB Bina Smanda – Kab. Belitung : nilai 91