Pilkades Beltim Bisa Jadi Acuan Pilkada 2020

by -
Pilkades Beltim Bisa Jadi Acuan Pilkada 2020
TPS I Desa Padang Manggar saat melakukan perhitungan suara, Kamis (16/7).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pemilihan Kepala Desa Serentak untuk 18 Desa di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kamis (16/7) kemarin berjalan lancar dan aman. Tingkat partisipasi pemilih pun mencapai 75 persen lebih.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020 Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi menyatakan pelaksaan Pilkades cukup lancar, tertib, dan baik. Bahkan panitia di setiap TPS sudah menjalankan prosedur protokol kesehatan Covid-19.

“Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar, tertib dan baik. Semua panitia sudah menjalankan prosedur protokol kesehatan,” kata Ikhwan, Kamis (7/16).

Dari hasil pantauan ke beberapa TPS di Kecamatan Simpang Renggiang, Gantung, Simpak Pesak dan Dendang, Ikwan menyatakan masyarakat juga cukup antusias menyalurkan hak suaranya untuk menentukan kepala desa. Sekda Beltim itu mengungkapkan 75 persen lebih masyarakat datang ke TPS.

“Dari pantauan sore ini, tingkat partisipasi pemilih rata-rata di atas 75 persen. Masyarakat sangat antusias menuju ke TPS, untuk menentukan hak pilihnya,” ujar Ikhwan.

Meski tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi dalam Pilkades Serentak, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Kabupaten Beltim Ida Lismawati mengatakan jumlah itu masih di bawah target. “Target kita sebenarnya 80 persen. Sebenarnya semua sudah berjalan dan tidak ada kendala berarti, hanya mungkin ada penurunan semangat di masyarakat,” ungkap Ida.

Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Beltim ini juga, menurut Ida akan menjadi perbandingan awal untuk pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 9 Desember 2020 mendatang terutama dalam hal tingkat partisipasi dan kepatuhan dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

“Pilkades ini akan jadi acuan dari kawan-kawan di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Belitung untuk pelaksanaan Pilkades Serentak di sana. Terus juga kawan-kawan Bawaslu Kabupaten Beltim juga mengirimkan surat untuk ikut memantau pelaksanaan Pilkades sebagai acuan untuk Pilkada mendatang,” ujar Ida. (rel)