Pilkades Serentak

by -

BPMPD Terus Lakukan Persiapan

MANGGAR – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), terus mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, yang dijadwalkan pada bulan April mendatang. Salah satunya, melakukan sosialisasi Perda tentang Pilkades di sejumlah Desa yang akan melaksanakan Pilkades.

“Sekarang masih terus dipersiapkan. Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi Perdanya. Kan, sejak di Perda-kan belum tersosialisasi,” ungkap Kepala BPMPD Kabupaten Beltim, Ikhwan Fahrozi kepada Belitong Ekspres, akhir pekan lalu.

Selain sosialisasi Perda, BPMPD juga menyampaikan aturan lainnya seperti petunjuk pelaksanaan dan teknis (juklak-juknis, red) Pilkades. Aturan tersebut, harus dipahami oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku penyelenggara Pilkades.

“BPD harus pahami juklak juknis, karena merekalah yang akan menjadi panitia Pilkades,” ujar Ikhwan.

Ia mencontohkan, salah satu aturan yang harus dipenuhi adalah mengisi kekosongan kursi keanggotaan BPD sebelum pelaksanaan Pilkades. Sebab, sebagai alat kelengkapan kepanitiaan, BPD harus lengkap.

“Kan ada BPD yang berniat maju sebagai Kades. Kekosongan itu harus diisi secepatnya agar pas mau pelaksanaan Pilkades, anggota BPD lengkap. Mereka kan panitianya, jadi harus lengkap,” jelas Ikhwan.

Menurut Ikhwan, kendala pelaksanaan Pilkades serentak tidak lagi menjadi masalah. Pasalnya, anggaran sudah dipersiapkan di Desa masing-masing dan tambahan anggaran dari Pemerintah daerah siap dicairkan.

“Anggaran sudah siap, sekitar Rp. 661 juta. Nanti setiap Desa akan bervariasi mendapat anggaran, ada yang 30-an juta ada yang 40-an juta. Selain itu, Desa juga menganggarkan melalui APBDes mereka,” sebut Ikhwan.

Sedangkan mata pilih yang akan memberikan hak suara adalah seluruh masyarakat sesuai domisili Desa masing-masing.

“Data pemilih masih lengkap. Dari DPT Pilkada 2015 kemarin juga masih lengkap. Kalau yang itu, tidak ada masalah,” sebut Ikhwan.

Sebagaimana diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Beltim akan diikuti oleh 17 Desa. Saat ini, sejumlah Desa bahkan telah dipimpin penjabat sementara untuk mempersiapkan Pilkades. (feb)