Pingin Pariwista Maju, Rangkul Komunitas

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Yani: KKLP Sebagai Garda Terdepan

TANJUNGPANDAN–Untuk membangun pariwisata daerah, dibutuhkan peran aktif pelaku pariwisata dengan membuat sebuah forum dan merangkul semua komunitas agar bersama-sama aktif bergerak. Selain itu, yang tak kalah penting harus membentuk Kelompok Kerja Lokal Pariwisata (KKLP).

“Pembentukan KKLP adalah agar masyarakat menjadi garda terdepan dalam partisipasi membangun pariwisata,” ujar Yani, anggota Tim Destination Management Organization (DMO) Kementerian Pariwisata Republik Indonesiadalam Forum Diskusi,membahas tentang strategi pariwisata Belitong, di Aula Kecamatan Tanjungpandan, Rabu (24/6), kemarin.

Tema yang diusung dari diskusi ini adalah Destination Management Organization (DMO) atau tata kelola destinasi pariwisata. Diskusi dimoderatori langsung oleh Plt Camat Tanjungpandan Fithrorozi. Hadir belasan pelaku wisata seperti dari tour travel, komunitas pemusik, tour guide dan dari lembaga adat Belitong.

            Dalam diskusi, Yani menjelaskan mengenai penataan destinasi, strategi pariwisata, serta pengelolaan bisnis di lingkungan pariwisata. Dalam konteks pariwisata Belitong, Tanjung Kelayang merupakan salah satu di antara 88 Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) yang sudah diresmikan dari tahun 2011 lalu.

Salah satu perwakilan dari Lembaga Adat Melayu Belitong Ahmad Hamzah memberikan masukan agar konteks membangun pariwisata di Belitong tidak melulu mengenai wisata alam. Akan tetapi, semua unsur seperti seni, budaya, kuliner dan sebagainya turut dilibatkan.

Ia mengusulkan Desa Kembiri Kecamatan Membalong menjadi salah satu desa adat. Sebab, di sana masih memegang teguh terhadap tradisi. “Ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan destinasi di Belitong,” ungkap Ahmad Hamzah.

Dalam diskusi tersebut, para pelaku pariwisata juga banyak berbagi informasi maupun keluhan di dalam membangun bisnis pariwisata di Belitong. Beragam hambatan yang dilontarkan oleh para pelaku pariwisata.Di antaranya mengenai model pengembangan, strategi menarik wisatawan, serta bagaimana mengajak masyarakat untuk turut aktif membangun pariwisata Belitong.(mg3)

author

Author: