Pingin Punya Motor, AD Curi Motor

by -

TANJUNGPANDAN-Diduga tak dibelikan orang tuanya sepeda motor, siswa kelas 2 SMP salah satu sekolah di Tanjungpandan, nekat mencuri motor. Peristiwa ini terjadi di GOR Tanjungpandan, Sabtu (19/9) pagi akhir pekan lalu.

Pelaku yang diketahui berisial AD (15) warga kawasan Jalan Stadion Pangkalalang ini diamankan polisi di kediamannya beberapa jam saat korban Andrian (39) warga Jalan Baik RT 34 RW 32 Air Pelempang Jaya, melaporkan kehilangan di Polsek Tanjungpandan.

Kapolsek Tanjungpandan Kompol Abdul Azis seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, pelaku saat ini sudah diamanakan dan ditahan. Dijelaskan Kapolsek saat itu, pelaku melintas di GOR Tanjungpandan, setelah itu melihat motor metik BN 7988 FY di parkir di depan GOR dengan kondisi kontak tak tercabut.

“Entah apa yang ada dipikiran pelaku, sehingga di melakukan perbuatan tersebut. Awalnya pelaku mengawasi kondisi sekitar, saat situasi sepi, motor ini langsung dibawa kabur,” ujar Kapolsek Tanjungpandan kepada Belitong Ekspres, Minggu (20/9) kemarin.

Korban sempat mengetahui, saat pelaku membawa kabur motor miliknya. Bahkan, Andrian sempat mengejar pelaku hingga akhirnya pria 39 tahun ini tak mampu mengejar tersangka. Setelah itu, korban langsung melapor.

Usai mendapat laporan, polisi langsung melakukan pengejaran terhadap tersangka. Berdasarkan keterangan pelaku tentang ciri-ciri tersangka, akhirnya pelaku yang masih dibawa umur ini berhasil di bekuk Reskrim Polsek Tanjungpandan.

Ketika ditanyai mengenai proses hukum tersangka yang masih dibawa umur, Kapolsek menegaskan ia akan menindak sesuai proses hukum yang berlaku. “Pelaku sudah ada niat melakukan perbuatan ini, bahkan untuk mengelabuhi pemilik, plat nomor motor ini sengaja dipreteli alias tidak dipasang,” katanya.

“Kita tetap kenakan pelaku dengan Pasal 362 tentang pencurian biasa. Nanti biar hakim yang menentukan kebijakan, apakah sebelum sidang dilakukan diversi atau tidak,” sambungnya.(Kin)