PLN Jelaskan Kondisi Listrik di Belitung

by -

*Tahun 2016 Diproyeksikan Tambah 5 MW Lagi

TANJUNGPANDAN-Manager PLN UL Tanjungpandan Donny Adriansyah menyatakan, hingga kini
PLN UL Tanjungpandan terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pelangga. Karena itu, dalam waktu tak lama lagi, untuk menutupi daya listrik, bakal ditambah lioma unit mesin genset kapasitas 1 MW per mesin sehingga total 5 MW.

“Dalam waktu dekat ini PLN akan mendatangkan mesin baru dengan daya lima megawatt. “Kita mengusahakan menambah mesin, Alhamdulilah disetujui lima megawatt (lima MW),” kata Donny dalam penyampaiannya saat menerima rombongan LSM Lidik di ruang pertemuan Kantor PLN UL Tanjungpandan, Kamis (26/11), kemarin.

Dari pertemuan di ruang rapat PLN tersebut, Donny mempersentasikan mengenai kondisi kelistrikan di Belitung secara umum. Donny menjelaskan, PLN akan berupaya memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Dari awal sejak PLTU tidak beroperasi lagi, upaya untuk menambah kekurangan defisit daya tetap dilakukan.

Langkah-langkah yang kini dilakukan di antaranya, saat permintaan pemasangan baru khusus industri, pengusaha diminta membuat perjanjian jika terjadi defisit daya untuk keluar dari jaringan PLN. Dengan cara mengusahakan menggunakan jaringan sendiri.

“Waktu defisit agar segera keluar tidak menggunakan PLN, agar beralih pada pembangkit mereka. Sekarang kondisi kita pas, antara pelanggan umum dengan daya mampu, kita 2015 ada 30 MW untuk pelanggan umum,” kata Donny.

Saat ini mesin yang direncanakan untuk didatangkan ke Belitung bulan Desember baru dikirim. Donny menjanjikan tidak sampai Januari 2016 persoalan defisit sudah teratasi. Ia berharap saat pengiriman nanti cuaca bagus. “Insyaallah untuk kecukupan daya mampu (2016),” kata Donny.

Meski sudah ada upaya, potensi untuk mati listrik tetap ada. Donny menjelaskan, kondisi kelistrikan di Belitung dipengaruhi oleh kondisi alam. Misalnya petir, pohon tumbang, jaringan disentuh hewan, dan terakhir pemeliharaan jaringan. Kita kadang tidak tahu kapan terjadi resiko alam termauk bencana,” kata Donny.

Ketua DPW LSM LIDIK Bangka Belitung Joni Arsyah mengatakan, tujuan LSM LIDIK ke PLN untuk menanyakan kondisi kelistrikan PLN di Belitung saat ini. Termasuk menanyakan mengapa sampai saat ini sering terjadi pemadaman.(ade)