PLN Mantapkan Persiapan PLTU

by -

*Akan Tambah Daya dan Bangun Gardu Induk

foto A -pltu suge

PLTU Suge yang kini sudah testing instalasi PLTU dan coba ditransmisikan untuk mengejar target operasi dan produksi.

TANJUNGPANDAN-Kepala Pimpinan Cabang PLN Tanjungpandan Belitung Dony Ardiansyah mengatakan, PLTU akan menambah sejumlah unit pembangkit daya listrik untuk membantu kelancaran sistem transmisi. Dengan manfaat untuk bisa melakukan substitusi dan menambah kapasitas daya.
“Jika sebelumnya kita (PLN,red) masih ketergantungan menggunakan bahan solar. Maka, dengan sistem PLTU itu nantinya bisa lebih mengurangi pemakaian PLTD (pembangkit listrik tenaga disel),” kata Donny kepada BE Rabu (18/3) kemarin, di ruang kerjanya.

Dony menyebutkan, kapasitas daya listrik yang tersedia saat ini sebanyak 2×16 MW atau 30 Mega Watt. Dan pihak PLTU juga sudah melakukan testing. “Alhamdulillah, beberapa hari kemarin sudah transmisi. Dan kita juga sudah melakukan empat kali testing dari mulai bulan Januari 2015 sampai bulan Maret 2015,” ujarnya.

Saat ini, kata Dony, PLTU akan membangun Gardu Induk (GI) di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.
“Untuk GI di Kelurahan Dukong dan Manggar, PLTU nanti akan menggunakan tegangan transmisi 70 KV atau 70.000 Volt. Jadi, keduanya akan disuplay 70 KV. Karena memang energinya sangat besar, setelah dievaluasi,” sebutnya.

Ia menambahkan, terus terang untuk saat ini saya masih lebih mengutamakan pelayanan ke masyarakat. Nanti, setelah kami sudah memiliki daya tambahan yang cukup, baru kami bisa layani semuanya. (mg2)