PLN Tanam 1.300 Mangrove di HKm PNPA Desa Terong

by -
PT PLN Persero
Foto bersama usai menanam sebanyak 1.300 Pohon Mangrove. Foto ist

belitongekspres.co.id, SIJUK – PT PLN Persero menanam sebanyak 1.300 Pohon Mangrove, di Hutan Kemasyarakatan (HKm) Mangrove Pemuda Nelayan Pecinta Alam (PNPA) Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kamis (16/1) sore. Kegiatan di lahan 205 Hektar itu, dalam rangka Bulan K3 Nasional Tahun 2020.

Manajer Bagian Pemasaran dan PP PLN UP3 Belitung, Ahmad Fakul Rohman mengatakan, penanaman pohon Mangrove tersebut merupakan program lanjutan CSR dari PT PLN Persero untuk masyarakat.

“Syukur alhamdulillah, kegiatan pembinaan dari PT PLN untuk masyarakat Desa Terong ini sudah berjalan selama empat tahun. Kami melakukan pembinaan itu mulai dari tempat kelola wisata, penanaman pohon agrowisata dan yang terakhir saat ini adalah pengelolaan mangrove PNPA Desa Terong,” kata Ahmad kepada wartawan.

Diharapkan dengan pananam pohon mangrove secara bersama itu dapat membawa dampak positif, khususnya pada lingkungan. Karena, penamaman pohon mangrove merupakan salah satu cara untuk mengatasi abrasi pantai, selain sebagai tempat hidup satwa.

“Kami harapkan, semoga pohon mangrove yang kita tanam hari ini dapat dijaga dan dirawat dengan oleh masyarakat. Sebab, kehadiran pohon mangrove akan membawa banyak manfaat untuk kita di masa mendatang,” tandas Ahmad.

PIC Desa Wisata Kreatif Terong, Iswandi mengucapkan terima kasih kepada PT PLN Persero. Pasalnya, berkat kerjasama dengan PT PLN tersebut, semakin menguatkan brand dan komitmen komunitas HKm PNPA Desa Terong dalam mengelola Hutan Mangrove.

Selain itu, kata Iswandi berkat kerjasama dengan PT PLN, juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, ia menilai kehadiran PT PLN ini sangat membantu dalam mengembangkan Desa Wisata Terong.

“Jujur yang kita butuhkan saat ini adalah dukungan pemasaran dari semua. Misalnya menjual paket wisata yang telah kita sediakan. Sebab untuk potensi wisata, kami memilik banyak potensi. Khusus di HKm PNPA Desa Terong ini saja kita memiliki, potensi Susur Mangrove, Sunset View, Ngeremis, Nyulo, Mancing, Mukat, Nyari Timong dan Nyungkor. Belum lagi ditempat yang lain. Oleh sebab itu saya berharap kerjasama ini kedepannya terus berlanjut,” harapnya. (rel)

Editor: Yudiansyah