PLTU Suge Pegantungan Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran

by -
PLTU Suge Pegantungan
Tim damkar PLTU Suge saat memadamkan api dalam simulasi, Selasa (28/1) kemarin.

belitongekspres.co.id,BADAU – Dalam rangka peringatan bulan K3 PT PJB 2020, PLTU Suge Pengantungan, Belitung, menggelar eksebisi tanggap darurat kebakaran. Kegiatan tersebut berlangsung di PLTU Suge, Selasa (28/1) pagi kemarin.

Belasan pekerja PLN dikerahkan dalam latihan ini. Selain itu, juga melibatkan unsur dinas terkait. Seperti Damkar Kabupaten Belitung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung.

Dalam kegiatan ini, menceritakan terjadinya kebakaran di PLTU. Saat itu sejumlah pegawai mengetahui adanya kebakaran di lokasi. Lantas mereka sigap dan memanggil mobil damkar yang dimiliki perusahan listrik tersebut.

Tak selang beberapa lama anggota tim Damkar PLTU Suge datang ke lokasi untuk berupaya mengamankan kobaran api. Setelah beberapa menit menaklukan si jago merah, akhirnya tim mengevakuasi korban yang terluka akibat peristiwa ini.

Deputi Menejer Pemeliharaan PLTU Suge Fransiscus Aries mengatakan, setiap tahun berusahaan yang bergerak di bidang listrik ini menggelar acara simulasi, di PLN yang berada di kawasan Pegantungan, Kecamatan Badau.

Adapun tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingin. Seperti terjadinya kebakaran. Aries bersyukur selama dirinya mengabdi di PLTU Suge, belum pernah terjadi peristiwa yang disimulasikan. “Kegiatan ini dalam rangka peringatan bulan K3 PT PJB 2020, PLTU Suge,” kata Fransiscus Aries, kepada wartawan.

Dijelaskan Aries, dari tahun ke tahun jajarannya khususnya yang bertugas dalam tim pengamanan tanggap bencana mengalami peningkatan. Kata Aries anggotanya lebih cekatan dalam mengantisipasi bencana. “Setelah kegiatan ini, kita akan melakukan evaluasi. Selain menggelar simulasi, PLTU juga mengirim jajarannya untuk mengikuti perlombaan PLN se Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Belitung Hendri Suzanto mengatakan, apa yang dilakukan PLTU Suge khususnya mengenai tanggap bencana dinilai sangat baik. Apalagi mereka memiliki tim damkar.

“Kita tadi sudah melihat simulasi. Menurut saya kualitas mereka sangat bagus. Ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. Salah satunya adalah fisik dan stamina. Dari segi skill mereka sudah bagus,”katanya. (kin)

Editor: Yudiansyah