PMI Belitung Komitmen Cegah Penyebaran Covid-19

by -
PMI Belitung Komitmen Cegah Penyebaran Covid-19
Ketua PMI Kabupaten Belitung, Erwandi A Rani.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – PMI Kabupaten Belitung telah berkomitmen dalam melakukan pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua PMI Kabupaten Belitung Erwandi A Rani kepada Belitong Ekspres.

“Kita lihat kondisi keuangan kita, kalau memungkinkan kita tetap komitmen, seperti bagi masker, penyemprotan. Di mana pemerintah memerlukan bantuan ya kita bantu,” kata Ketua PMI Kabupaten Belitung Erwandi A. Rani, Selasa (2/3).

Menurutnya, setiap aktivitas itu tentu memerlukan biaya, namun pihaknya tetap komitmen melakukan pengecegahan wabah ini. Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup banyak, PMI siap membantu dalam hal kemanusiaan, terutama dalam memutus penyebaran Covid-19. “SDM kita banyak, dan kita juga banyak relawan,” sebutnya.

Selain itu, kata Erwandi saat ini PMI Kabupaten Belitung sedang mengembangkan PMI Kecamatan. Sehingga kalau ada masalah di lingkungan kecamatan, langsung cepat tanggap dari kecamatan itu. “Jadi informasi itu tidak menunggu-menunggu dan memang ada orang bidangnya menyampaikan ke kami,” tukasnya.

Dia menyebutkan kebersamaan antara masyarakat, pejabat, pengambil kebijakan itu harus “singkron”, karena tanpa itu tidak akan selesai. Contohnya, soal penerapan protokol kesehatan berlaku sepanjang Covid-19 masih ada, oleh siapa saja.

“Akan tetapi, itu tidak boleh dengan pemaksaan terus menerus melainkan, harus timbul kesadaran. “Kesadaran itu harus bersama, semua pihak, karena ini wabah penyakit,” sebut Anggota DPRD Provinsi Babel tersebut.

Kata dia, mungkin saat ini masyarakat pasti merasa jenuh terhadap wabah Covid-19, namun mau tidak mau kondisi pandemi itu masih berlangsung. “Artinya terkadang kesadaran masyarakat terhadap prokes, harus diberikan dalam bentuk penekanan, seperti sekali-kali razia di lokasi yang sering terjadi keramain,” tandasnya.

Sementara itu sekretaris PMI Belitung Bustam menyebutkan di tahun 2021 ini pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan dalam menekan atau memutus penyebaran wabah Covid-19. “Kemarin Workshop Hygiene Promotion untuk kemasyarakat, dan penyemprotan disenfektan ade 20 kali selama 2021,” katanya. (dod)