PMI Belitung Salurkan Bantuan ke Korban Rumah Terbakar Tanjung Binga

by -
PMI Belitung Salurkan Bantuan ke Korban Rumah Terbakar Tanjung Binga
Ketua PMI Kabupaten Belitung Erwandi A Rani menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran rumah Lamadi di Desa Tanjung Binga.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Palang Merah Indonesia ( PMI) Kabupaten Belitung menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran rumah Lamadi di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk.

Sebelumnya, rumah Lamadi berada di jalan Ujung Tanjung RT 12 RW 04 Tanjung Binga terbakar Rabu malam (21/4). Kala itu rumah dalam keadaan kosong, karena penghuninya sedang melaksanakan sholat isya dan tarawih. Sedangkan Lamadi sedang melaut.

“PMI menyerahkan bantuan kepada Lamadi karena ini musibah dan harus peduli bersama. Sebab kondisi rumah beliau habis semua dilalap api,” kata Ketua PMI Kabupaten Belitung Erwandi A Rani kepada Belitong Ekspres.

“Harapan kami yang punya kemampuan untuk membantu, ya membantu, baik organisasi atau perorangan, dan hari ini PMI pun membantu beliau,” imbuh Anggota DPRD Provinsi Babel itu.

Menurut Erwandi, PMI Belitung menyalurkan beberap bantuan seperti paket bahan pokok, terpal plastik, hygiene kit dan family kit. Jika keuangan PMI memungkinkan dan jika ada dana masuk, mereka akan kembali memberikan bantuan. “Insyallah, mungkin bahan yang lain, misalnya bahan bangunan dan lain-lainnya,” ujarnya.

Pada tahun 2021 ini tambah dia, PMI telah berapa kali menyalurkan bantuan terhadap orang yang terdampak bencana. Seperti korban banjir, kebakaran, puting beliung dan orang yang rumahnya digusur akibat sengketa lahan.

“Intinya sepanjang PMI punya dana dan barang yang ada di kita, maka kita bantu, kalau orang kena musibah, karena organisasi ini bergerak di bidang sosial,” sebut mantan Wakil Bupati Belitung.

Sementara itu Lamadi mengucapkan terimah kasih atas kepedulian PMI membantu rumahnya yang terbakar. Kebakaran ini telah menyebabkan kerugian ratusan juta karena perlengkapan alat rumah tangga habis dilalap sijago merah.

“Alhamdulillah terima kasih atas bantuannya. Handphone, TV, Kulkas dan uang tunai, Kartu Keluarga, KTP anak dan menantu, surat penting lainnya semuanya ludes dimakan api,” kata Lamadi kepada Belitong Ekspres.

Untuk sementara ini karena kondisi rumah tak bisa tempati, Lamadi beserta istri mengungsi ke rumah anak yang tak jauh dari rumah miliknya yang terbakar. “Kalau siang saya duduk di tempat sisa sisa kebakaran di halaman belakang untuk istirahat saja, dan bila hendak tidur baru ketempat rumah anaknya,” ucapnya. (dod)