PNS Bakal Terima THR, Senin Depan

by -1 views
Uang Rupiah. Foto: JPNN

MANGGAR – Kabar gembira yang ditunggu-tunggu bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) akan segera dibayarkan serentak, Senin (19/6) mendatang.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Beltim, Ikawati Wibowo mengungkapkan kepastian pencairan gaji ke-14 tersebut mengingat Presiden RI, Joko Widodo sudah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Dalam Tahun Anggaran 2017 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI dan Pejabat Negara.

“Pak Presiden baru kemarin tanda tangan PP-nya. Ada empat PP yang ditanda tangani, yakni PP 23, PP 24, PP 25, dan PP 26. Semuanya tentang pembayaran gaji 13 dan 14,” ungkap Ika saat ditemui Diskominfo Beltim, Rabu (14/6).

Seizin Kepala Bakuda Beltim, Ahmadni, Ika menyebutkan jika saat ini stafnya sudah mencetak daftar gaji dan Surat Edaran untuk ke setiap OPD. Diharapkan paling lambat, Jumat (16/6) besok berkas-berkas sudah diterima Bakuda.

“PMK (Peraturan menteri Keuangan-red) sudah lama kita terima. Besok kita distribusikan Surat Edaran ke tiap OPD. Malah kita (Bakuda, red) sudah siap, tinggal tunggu OPD lain,” kata Ika.

Jumlah uang yang diterima dalam gaji ke-14 akan disesuaikan dengan jumlah gaji pokok pada Bulan Juni 2017. Gaji-14 tidak dikenakan potongan iuran bulanan namun tetap dikenakan pajak penghasilan.

“Kita usahakan semuanya dibayarkan serentak Senin ini. Total anggaran gaji ke-14 di Pemkab Beltim sekitar Rp. 8 milyar,” ujar Ika.

Bukan hanya PNS saja, tapi anggota DPRD Beltim juga akan menerima gaji ke-14. Namun dia menyebutnya jumlah kecil sesuai dengan uang representatif, yakni Rp. 1,5 juta hingga Rp. 2,1 juta.

“Sebenarnya dulu-dulunya juga nerima, hanya saja aturannya masih abu-abu. Kalau tahun ini sesuai PP sudah jelas,” jelas Ika.

Untuk gaji ke-13, mantan Kepala Bidang Aset DPPKAD Beltim itu menyatakan baru akan dibayarkan pada Juli 2017 mendatang. Sesuai PP nomor 23 Tahun 2017, bulan Juni ini pembayaran gaji ke-13 hanya diperuntukkan bagi pensiunan PNS, TNI, dan Polri.

“Kalau kita kemungkinan gaji ke-13 baru bisa dibayarkan di atas minggu ke dua Bulan Juli. Sesuai PP, jika tidak bisa dibayarkan bulan depan maka bisa bulan-bulan selanjutnya,” terang Ika.

Ditemui terpisah, Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza mengaku senang mendengar kabar PNS di Kabupaten Belim akan menerima THR dalam waktu dekat ini. Namun Ia menghimbau agar para PNS juga ingat dengan rekan-rekan Pegawai Tidak tetap (PTT) yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

“Kita kan dak kerja sendiri ada yang bantu kita. PTT kan juga mau lebaran, ya pandai-pandai la kalau dengan kawan itu,” ucap Yuslih seusai penutupan Safari Ramadhan Pemkab Beltim, di Auditorium Zahari MZ, Rabu (14/6) malam.

Yuslih mengatakan sebagai Bupati, Ia hanya dapat menghimbau agar pimpinan OPD ataupun pejabat lainnya dapat membuat kebijakan untuk membantu rekan-rekan PTT.

“Kalau di dinas itu kan kewenangan kepala-kepala dinasnya. Kalau kita ingin memberikan sumbangan urunan sesama PNS bantu nolong orang, semua berpulang ke keikhlasan masing-masing,” kata Yuslih.

Yuslih menyatakan secara resmi Pemkab Beltim memang tidak bisa memberikan THR layaknya gaji ke-14. Namun, hal itu bukan berarti OPD tidak boleh memberikan THR bagi PTT-nya.

“Aturan dan anggaran kita tidak memungkinkan saat ini. THR bagi PNS aja baru dua tahun belakangan,” ujarnya.

Yuslih pun meminta agar setiap OPD memikirkan cara terbaik untuk membantu PTT agar dapat merayakan lebaran.

“Bisa lewat urunan sumbangan, uang kas, atau potongan uang harian SPPD. Pandai-pandailah berijo,” sarannya.(rel/mg1)