PNS Pemkot Ogah Jadi Pegawai Wajib

by -

>Sopian : Bekerja Jangan Hanya Mengharapkan Gaji
PANGKALPINANG – Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Pangkalpinang untuk bekerja sepenuh hati melayani masyarakat. Dia juga  menginginkan agar para PNS menjadi pegawai yang wajib bukan pegawai yang mubah ataupun sunah.
“Jadi bekerja itu harus dengan niat, jangan hanya mengharapkan gaji semata, karena pegawai hanya menjadi pegawai yang mubah dan sunah. Sebagai wakil walikota, saya berharap PNS Pemkot jadi pegawai wajib,” tegas Sopian saat membuka acara ramah tamah dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 di halaman Dinkes Kota Pangkalpinang, Selasa (24/11) kemarin.
Menurut Sopian, jika PNS menjadi pegawai wajib yang bekerja dengan niat, otomatis akan menjadi pegawai yang dibanggakan. Namun sejauh ini, masih banyak pegawai pemkot yang belum ingin menjadi pegawai wajib.
“Jadi saya harapkan mulai sekarang mari berlomba-lomba untuk menjadi pegawai wajib. Jangan sampai dalam suatu SKPD, pegawai itu tidak dianggap penting meski ada atau tidaknya pegawai itu di kantor,” kata Sopian.
Oleh karenanya, lanjut Mantan Camat Rangkui ini, melalui HKN ini dia berharap kepada para pegawai khususnya di lingkungan Dinkes Pangkalpinang memiliki komitmen untuk menjadi pegawai wajib. Hal ini, kata Sopian, dikarenakan dinkes langsung bersentuhan dengan masyarakat.
“Dinkes ini kan berhubungan dengan hidup dan mati manusia. Jadi kita harapkan pegawai dinkes bisa mengabdikan diri dengan tulus. Kiranya dinkes menjadi keluarga besar, karena suatau lembaga organiasi tidak bisa semata-mata dilaksanakan secara struktur antar atasan dan bawahan,” ujarnya.
Sebab diakui Sopian, jika dalam suatu SKPD tidak ada rasa kekeluargaan, maka kinerja SKPD tersebut akan berantakan. Dan sebagai wakil kepala daerah, dirinya tidak menginginkan hal itu sampai terjadi.
“Untuk itu mari galang rasa persaudaraan dan persatuan di dinkes sehingga tugas pokok dapat dikerjakan dengan baik dan dinkes menjadi dinas yang dibutuhkan dan di banggakan masyarakat,” tandasnya.
Di akhir acara ramah tamah, Dinkes Pangkalpinang mendapatkan penghargaan terbaik pendistribusian Kartu Indonesia Sehat dari BPJS Babel. Selain itu, juga digelar penyerahan hadiah kepada tenaga medis yang berprestasi. (pas)