Pohon Pisang Ajaib di Air Rembikang Sijuk Ini Miliki 3 Jantung dari 2 Tandan

by -
Pohon Pisang Ajaib di Air Rembikang Sijuk Ini Miliki 3 Jantung dari 2 Tandan

belitongekspres.co.id, SIJUK – Masyarakat Jalan Jaksa RT.27 RW.10 Dusun Air Rembikang, Desa Air Seru Kecamatan Sijuk digegerkan dengan penemuan aneh berupa pohon pisang yang memiliki dua tandan tiga jantung pisang.

Fenomena langka ini pertama kali diketahui oleh Agusman, pohon pisang di halaman belakang rumahnya terlihat berbeda dibandingkan pohon pisang lainnya.

“Sebelumnya saya tidak pernah melihat baru kali inilah melihat pisang berjantung tiga,” kata Agusman kepada belitongekspres.co.id, Selasa (14/01/2020).

Pohon Pisang Ajaib di Air Rembikang Sijuk Ini Miliki 3 Jantung dari 2 Tandan
Pohon Pisang Ajaib di Jalan Jaksa RT.27 RW.10 Dusun Air Rembikang, Desa Air Seru Kecamatan Sijuk, Belitung.

Sontak saja, fenomena tersebut menarik perhatian masyarakat dan berbondong-bindong berdatangan untuk melihat secara langsung fenomena langka tersebut.

Ia menjelaskan, pohon pisang Ambon tersebut ditanam olehnya di halaman belakang rumah sejak beberapa waktu lalu.

Bibit pohon pisang tersebut merupakan hasil dari penanaman sebelumnya. Seperti biasa, tidak ada yang berbeda atau keanehan dibandingkan bibit lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Tenny Meireni, mengatakan, hal itu bisa terjadi karena terjadi penyimpangan gen.

“Pisang kayak gitu mungkin terjadi karena penyimpangan gen, namun tak lazim,” katanya.

Menurut Tenny, pisang bertandan 2 pernah terjadi, tapi yang berjantung 3 seperti itu belum pernah terjadi di Belitung.

“Pisang bertandan 2 dan berjantung 2 pernah terjadi di Air Raya, namun kalau sampai berjantung 3 belum pernah,” terangnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama