Pol PP dan Tim Kembali Tertibkan Lapak Pasar

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar Akan Sepi

foto A- pol pp razia lapak melanggar

Foto A: ainul yakin/be
AGAR RAPI: Sejumlah petugas Pol PP saat membongkat tenda-tenda tambahan di kios salah satu pedagang, Sabtu, pekan lalu.

TANJUNGPANDAN-Untuk kesekian kalinya Tim Gabungan yang terdiri Pol PP Kabupaten Belitung, Polsek Tanjungpandan dan Dinas Pasar Tanjungpandan, menertibkan para pedagang di Pasar Tanjungpandan yang menggunakan terpal di lapaknya, Sabtu, (14/2) akhir pekan lalu. Razia yang juga digelar sampai Minggu, kemarin ini dilakukan semata-mata untuk menjadikan pasar lebih rapi, tertib dan tak macet.
Meski sebelumnya telah diperingatkan agar tidak memasang terpal, namun para penjual tetap nekat dengan berbagai alasan. Pantauan Belitong Ekspres di lapangan terlihat, Setiba di lokasi Tim Gabungan langsung menertibkan pedagang-pedagang yang bandel tersebut.
Mengetahui kedatangan Tim Gabungan, para pedagang langsung mencopoti terpal-terpal yang berada di atas lapaknya. Menurutnya pedagang sayur ini, dirinya nekat memasang terpal lantaran terkena hujan.
“Ngape pulak, Pol PP ni razia melulu. Saya nekat pasang terpal biar tidak kehujanan, inikan musim hujan. Dari pada terpal ini diambil, mending aku bongkar duluan,” ujar wanita paruh baya ini kepada Belitong Ekspres.
Wanita ini menambahkan, dirinya akan terus memasang terpal, hingga musim hujan usai. “Meski dilarang kamek tetap pasang terpal. Terserah kaulah pol pp, kepak kepak kau,” ujar dengan nada emosi.
Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan, dirinya sudah berulang kali mengingatkan agar tidak memasang terpal untuk kondisi pasar tidak terlihat kumuh. Namun mereka tetap bandel. “Jika ini dibiarkan, maka pedagang lainnya juga ikut-ikutan. Kami tidak akan henti-hentinya melakukan razia rutin seperti ini,” ujar Alkar.

Baca Juga:  37 Truk Sebar Logistik Pemilu 2019

Dia menambahkan, pol pp akan terus memantau perkembangan pasar. “Anggota intel kami tiap hari akan memantau. Mereka akan membuat laporan dan memantau kondisi pasar,” pungkasnya.
Salah satu pedagang lainnya yang enggan disebut namanya mengatakan, mestinya ada solusi lebih baik dari pemerintah dalam masalah ini. Pedagang pasti ingin dagangannya terjaga dengan baik dari hujan dan panas matahari.
“Ndak mungkin kan kalo satpol PP tugasnya setiap hari hanya merazia dan menertibkan pedagang yang dianggap tak menaati perintah atau aturan. Ya, semoga segera dibangun untuk renovais pasar sehingga situasi dan kondisi di pasar akan lebih rapi dan tertata dengan baik,’’ kata Bapak paruh baya yang juga pedagang sayuran ini kepada BE.
Pedagang lain di sekitar pasar ikan ini juga mengeluhkan ketika terjadi razia, kondisi perdagangan di pasar akan cenderung sepi. Sebab, masyarakat enggan dan takur jika terjadi apa-apa saat mereka belanja seperti adanya keramaian atau aksi kejar-kejaran. Ya, letih jua kalo pembeli takut ada apa-apa pas razia,’’ ungkap pedagang yang juga ingin namanya disembunyikan ini kepada BE, kemarin.(kin)

Tags:
author

Author: