Pol PP Garuk 5 Pemuda

by -

*Saat Pesta Miras di KV Senang, Polsek Kasih Pembinaan

foto A-Kasatpol PP pembinaan miras

Foto A: ainul yakin/be
PEMBINAAN: Kasatpol PP Alkar (kanan) saat memberikan pembinaan pada para pemuda generasi penerus bangsa yang terpkasa digaruk karena pesta miras.

TANJUNGPANDAN-Lima pemuda, satu di antaranya di bawah umur,  diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Belitung, saat pesta minuman keras jenis arak di lingkungan KV Senang, Rabu (25/2), malam sekitar pukul 23.00 WIB. Kelima pemuda yang diketahui bernama Arpan (24), M Egar (26), Tomy (26) merupakan warga Tanjung Binga. Sedangkan Reki (17), dan Budiansyah (20) warga Pilang.
Mereka digaruk Pol PP saat tertangkap tangan pesta arak persis di belakang kompeks  KV Senang. Tindakan Pol PP ini merespon cepat atas adanya laporan masyarakat yang diberitakan melalui koran Belitong Ekspres edisi Rabu dan Kamis (25-26/2) kemarin. Di lokasi KV Senang tepatnya di sekitar Tugu Perjuangan sering ditemukan anak muda yang pesta miras. Padahal, lokasi ini merupakan ikon pariwisata Belitong, sehingga dikhawatirkan bisa merusak citra daerah.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, pada saat itu, Pol PP melakukan patroli rutin pada malam hari. Setelah itu, Kasat Pol PP Kabupaten Belitung memerintahkan untuk menelusur di KV Senang.
Setiba di KV Senang, Personil Pol  PP yang menerjunkan 12 personil menelusuri lokasi-lokasi yang menjadi target operasi. Pada saat anggota hendak balik, salah satu personil melihat ada yang mencurigakan di belakang KV Senang.
Saat Pol PP datang  segerombolan pemuda ini berusaha kabur. Dan Pol PP pun tak kalah sigap, akhirnya berhasil mengamankan pemuda tersebut beserta barang bukti. Setelah pemuda tersebut diangkut , Pol PP mendata dan memberikan pembinaan, hingga akhirnya mereka diserahkan ke Polsek Tanjungpandan, untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Kasatpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan, kegiatan ini digelar menindak lanjuti pemberitaan di media  tentang KV Senang dijadikan lokasi para pemuda untuk pesta minuman keras. “Kami sudah buktikan, dan menindak lanjuti. Saya akan terus melakukan razia, hingga lokasi KV Senang steril dari minuman keras,” ujar Alkar kepada Belitong Ekspres, Kamis (26/2) pagi kemarin.
Sementara itu, Kapolsek Tanjungpandan Kompol Sonny Bhakti Wibowo melalui Brigadir Kandivia mengatakan, kelima pemuda tersebut sudah diamankan. Mereka yang tertangkap, sudah dibuatkan surat pernyataan agar tidak melakukan pesta miras di KV Senang.
“Setelah mereka didata dan dibuatkan surat pernyataan, para orang tua mereka dipanggil lalu dikumpulkan, setelah itu diberi arahan. Hingga akhirnya mereka dipulangkan,” ujar Kandi.
Terpisah, Reki salah satu pemuda yang tertangkap mengatakan, dirinya mengakui semua perbuatannya, bahwa ia telah melakukan pesta miras di kawasan tersebut. Menurutnya, pada saat itu, dia tidak ada niat untuk pesta miras di KV Senang.
“Saya diajak teman, yang berhasil kabur. Dia awalnya ngajak saya nganyo ke sini (KV Senang,red) setelah itu, mereka ada inisiatif untuk beli arak. Setelah kami membeli arak baru kita pesta miras di sini,” akunya.(kin)