Polantas Tilang 2 Remaja Tak Pakai Helm

by -

*Pakai Motor juga  Tak Dilengkapi Surat Menyurat dan Tanpa SIM

foto A. polisi tilang boah tidk tertib lantas..

Dua anggota Satlantas Polres Belitung menilai dua remaja yang berkendara tak memakai helm.

TANJUNGPANDAN- Mungkin ini peringatakan bagi para pengendara khususnya para remaja, agar melengkapi kendaraannya dan memakai helm saat melintas di jalan raya. Kalau tidak, maka Polisi tidak segan-segan untuk menilangnya.

Hal ini dialami dua remaja asal Kelapa Kerak Sijuk, HK (17) AN (16). Kedua remaja ini nekat melintas di jalan tertib berlalu lintas, Kawasan Boulevard Satam, Senin (7/9) kemarin, tanpa memakai helm dan kondisi motor sangat tidak layak dikendarai.

Mengetahui hal tersebut dua anggota Satlantas Polres Belitung langsung menghentikan kedua remaja ini. Setelah diperiksa kelengkapan dokumen surat-surat kendaraan dan SIM, kedua remaja yang mengaku putus sekolah ini.

Mereka pun ternyata keduanya tak memiliki SIM, bahkan lebih parah lagi kondisi motornya tidak dilengkapi plat nomor dan juga dan juga spion. Lebih parahnya lagi, saat kendaraan tersebut hendak dibawa ke Kantor Lantas, motor ini kehabisan bensin.

Di hadapan polisi dan wartawan, AN mengakui semua kesalahannya. Menurutnya, ia nekat menerobos kawasan tertib lalu lintas ini, lantaran ingin cepat sampai di kediamannya Kawasan Kepala Kerak.

AN menuturkan alasan dia tak memasang plat nomor pada motornya lantaran pajak dan plat nomor pada kendaraannya sudah mati sejak lama. Pemuda ini, juga mengaku lupa berapa nomor plat motor kesayangannya ini.

Kasatlantas Polres Belitung Iptu Eka Asmayani seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, motor tersebut akan ditilang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan kedua bocah tersebut.

Dikatakan Iptu Eka, prilaku anak pengendara anak di bawah umur merupakan tangung jawab, semua lini, di antaranya orang tua, guru dan masyarakat. Kasatlantas meminta kepada para orang tua agar mengawasai anak-anaknya, khususnya dalam berkendara.

“Kalau melintas di jalan maupun dimana saja, harus mengunakan helem untu keselamatan. Selain itu, juga harus melengkapi kendaraannya seperti plat nomor, dan juga spion,” ujar Kasatlantas, kepada Belitong Ekspres.

“Tugas kepolisian sendiri baik dari segi prefentif danpremitif maupun represif tidak akan parnah berhenti. Agar masyarakat  sadar, pentingnya keselamatan berlalu lintas serta menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan,” tutupnya. (kin)