Polda Babel Amankan Puluhan Ton Antrasit di Pelabuhan Tanjung RU?

by -
Polda Babel Amankan Puluhan Ton Antrasit di Tanjung RU?
Foto ilustrasi Antrasit (net)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Diduga masuk ke Belitung tidak memiliki dokumen perizan lengkap (ilegal), puluhan ton antrasit dari Bangka diamankan Jajaran Polda Bangka Belitung (Babel) di Pelabuhan Tanjung RU, Badau, Jumat malam (16/4).

Diketahui antrasit yang diamankan tersebut merupakan batu bara kelas tertinggi, yang berwarna hitam berkilauan (luster) metalik dan mengandung antara 86% – 98% unsur karbon (C) dengan kadar air kurang dari 8%.

Namun sayangnya, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono maupun Kapolsek Badau Iptu Fery Gunadi masih belum berkomentar mengenai adanya penggerebekan yang dilakukan Jajaran Polda Babel, di Pelabuhan Tanjung RU.

Belitong Ekspres beberapa kali berusaha menghubungi untuk mengklarifikasi kabar tersebut. Akan tetapi, hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban dari AKBP Ari Mujiyono maupun Iptu Fery Gunadi.

Sementara itu, Petugas Lalu Lintas Angkutan laut KSOP Kelas IV Tanjungpandan Iswandi membenarkan adanya pengamanan puluhan ton antrasit yang dilakukan oleh Jajaran Polda Babel tersebut. Meski demikian dia tidak mengetahui keberadaan antrasit yang diamankan tersebut.

Menurutnya, ada beberapa truk yang mengangkut puluhan antrasit dari Bangka diamankan lantaran diduga tidak mengantongi dokumen muatan resmi (perizinan). Puluhan ton antrasit yang diduga milik PT BSAL ini dibawa oleh Kapal KM Sawita dari Pelabuhan

Pangkalbalam tujuan Tanjungpandan, Belitung dan Jakarta. “Benar muatan sudah diturunkan oleh pihak kepolisian dari Polda Babel. Antrasit itu dikirim dari Bangka menuju Belitung. Sedangkan kapal pembawa tetap melanjutkan perjalanan ke Jakarta,” kata Iswandi kepada Belitong Ekspres. (kin)