Polda Babel Gencar Razia Produk Ekspor

by -

PANGKALPINANG – Kasubdit I Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit-Reskrimsus) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), AKBP Rully Tirta mengakui pihaknya sedang gencar-gencarnya merazia produk-produk ekspor yang diniagakan ke masyarakat, terlebih Pemerintah kini meningkatkan komoditas ekspor.

“Razia produk luar berdasarkan perintah dari Pak Kapolri yang selalu menyampaikan agar pemeriksaan terhadap barang-barang yang masuk dari luar negeri perlu lebih diintensifkan lagi. Terutama Pemerintah kan sekarang lebih meningkatkan komoditas ekspor,” terang Rully.

Menurutnya pelanggaran produk ekspor bisa dipidanakan, tidak tanggung-tanggung hukumannya menginap dipenjara maksimal selama 5 tahun sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia (UU-RI) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Ia pun menambahkan, langkahnya bahkan didukung oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) perwakilan Babel. Dimana konsumen merupakan faktor terpenting dalam rangka mendapatkan penilaian kualitas terhadap suatu barang atau pelayanan yang dilakukan suatu perusahaan atau pedagang.

“Intinya, perusahaan dan pedagang yang baik wajib menerapkan sistem yang mampu memberikan kepuasan publik. Bukan malah mencari jalan pintas dengan meraup keuntungan yang banyak lalu mengesampingkan kepada hal-hal lain yang dapat merugikan konsumen,” pungkasnya. (lay)