Polisi Aktifkkan Polisi Pariwisata

by -

TANJUNGPANDAN- Meski kondisi pariwisata di Belitung akhir-akhir ini sepi, Polres Belitung terus melakukan pengamanan di daerah wisata. Salah satunya, membentuk satun Polisi Pariwisata. Mereka akan bertugas di tiga lokasi tempat wisata di Belitung, dia ntaranya Tanjungpendam, Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi.
Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, mereka sudah diaktifkan untuk bertugas di tempat yang telah ditetapkan mulai Rabu (11/3) lalu. Mereka akan berjaga-jaga dan mengamankan di lokasi tersebut.
“Kami tidak ingin kecolongan, Polisi pariwisata itu sangat perlu. Pasalnya, banyak wisatawan luar maupun wisatawan lokal berkunjung ke Belitung,” ujar AKBP Candra kepada Belitong Ekspres, Kamis (12/3) kemarin.
Kapolres menambahkan, dengan adanya Polisi Pariwisata ini diharapkan menambah keamanan di setiap tempat pariwisata. Sehingga dengan kondisi amannya suatu wilayah, maka akan banyak wisatawan lokal maupun asing datang ke Belitung. “Para polisi pariwisata ini, akan dibekali dengan keahlian lebih. Seperti Bahasa Inggris dan mereka patroli mengunakan sepada,” pungkasnya.
Sementara itu, salah satu pelaku Pariwisata Belitung Kusuma Kosasih mengatakan, dirinya mendukung secara penuh apa yang dilakukan Kapolres. Menurut Kusuma, Polisi Pariwisata sangat dibutuhkan dalam membangun pariwisata di Belitung.
“Apa yang dilakukan kapolres sangat tepat. Dengan adanya Polisi Pariwisata, keamanan di suatu lokasi akan terjaga. Selain itu, wisatawan akan mudah untuk berkomunikasi jika terjadi sesuatu,” ujar Kusuma.
Selama ini kondisi keamanan di Belitung, memang relatif aman. Meski aman, tidak menutup kemungkinan segala sesuatu dapat terjadi, apalagi kejahatahan datang karena ada kesempatan. “Dengan adanya Polisi Pariwisata, saya berharap tempat-tempat wisata di Belitung semakin aman. Sehingga akan banyak wisatawan lokal maupun asing datang ke Belitung,” katanya.

Dalam hal ini, pemerintah daerah (pemda) harus mendukung Kapolres dalam membangun pariwisata. “Kapolres sudah membuat Polisi Pariwisata, maka pemda harus mendukung dan memfasilitasi. Keamanan di suatu wilayah itu sangat perlu,”  tegas Kusuma.(kin)