Polisi Bantah Laut Beltim Tak Aman

by -

*Sikapi Laporan Kapal Yachter Korsel ke Mabes TNI AL

SIMPANG PESAK – Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi SIK melalui Kasat Polair Polres Beltim, AKP Yanto membantah perairan laut Belitung Timur (Beltim) tidak aman dan adanya terjadi kejadian kejahatan perompakan yang dilakukan oknum orang yang tidak dikenal.

Penegasan tersebut dikatakannya usai menerima laporan adanya Kapal Yachter milik warga negara Korea Selatan (Korsel) yang sedang melintas diperairan Batu Itam pada koordinat 3-40S ,108-08E, 4 mil dari perairan laut Simpang Pesak. Laporan itu menyebutkan adanya perompakan terhadap kapal yang digunakan warga Korea Selatan tersebut.
“Tidak ada perompakan, laut kita hingga saat ini aman dalam segala pelayaran, apalagi dikabarkan adanya oknum orang yang tak dikenal berusaha mau merampok kapal berbendera asing,” tegas AKP Yanto Sabtu (11/4) usai melakukan mengecekan di tengah laut adanya dugaan perompakan di laut Batu Itam Simpang Pesak.
AKP Yanto menjelaskan, sekira pukul 04.00 WIB Sabtu kemarin, berawal dari laporan dari Mabes TNI AL adanya kapal oknum nelayan yang mau merompak kapal Yacht yang melintas di perairan Desa Tanjung Batu Itam. Kapal Yacht yang berkebangsaan Korea Selatan tersebut mengaku ketakutan, dan kuatir karena kapalnya sudah dibuntuti oleh empat kapal nelayan setempat.
Padahal, menurut AKP Yanto yang didampingi dua orang anggota Polair Polres Beltim kapal nelayan tersebut ingin menghampiri saat kapal Yacht tersebut diduga mengalami kerusakan. Lalu si pemilik Kapal Yacht ini mengontak ke negaranya (Korea Selatan, red) bahwa meraka dibuntuti oleh empat kapal yang tak mereka kenal.
“Kemudian tembuskan kabar dari Mabes TNI AL langsung mendapatkan kabar tersebut dan segera mengerahkan anggotannya untuk turun, bersama Dan Pos AL, Polair Polres Beltim, Basarnas dan tim gabungan lainnya. Namun setelah dicek ke lokasi yang dimaksud, ternyata hanya ada misskomunikasi dan akhirnya kapal Yacht Korea Selatan pun pergi melanjutkan perjalanannya, dengan aman,” terang AKP Yanto.
Karena itu AKP, Yanto kembali menepis kabar bahwa kawasan ALKI Beltim tidak aman. Ia juga menghimbau kepada semua pelayar dan nelayan yang melintas di kawasan perairan Beltim segera mengontak nomor yang mudah diketahui., Jika menemukan hal mencurigakan.

“Sejauh ini laut kita masih aman dan tidak ada kejadian kejahatan apa pun saat ini di perairan laut kita (Beltim-red),” tutup AKP Yanto. (feb)