Polisi Bidik Distribusi Arak Bangka

by -

*Kapolres: Upaya Polres Tertibkan Masyarakat Jadi Sia-sia

TANJUNGPANDAN-Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara menegaskan, Polisi akan menindak tegas para pengedar arak dari Bangka yang masuk ke Belitung. Hal tersebut disampaikan Kapolres Belitung saat di wawancara Belitong Ekspres, Selasa (31/3) di Mapolres, kemarin.
Kapolres Belitung mengatakan, dirinya tidak main-main dalam masalah ini. Pasalnya, Polres Belitung sudah mati-matian berusaha menciptakan suasana kondusif di wilayah hukum Kabupaten Belitung. Namun, yang dari luar malah merusak apa yang selama ini dibangun polisi untuk kebaikan masyarakat.
“Kita sudah berusaha keras agar kenakalan remaja yang disebabkan pengaruh minuman keras berkurang. Tapi malah dirusak oleh pihak lain, dan kami tidak akan tinggal diam dalam masalah ini,” ujar Kapolres kepada Belitong Ekspres kemarin.
Untuk menangani masalah tersebut, Kapolres akan menugaskan anggotanya untuk mengawasi tiap pelabuhan-pelabuhan tikus (pelabuhan kecil,red) yang ada di Belitung. Dirinya sudah berkordinasi dengan Kasatpolair Kabupaten Belitung AKP Joko Waluyo terkait masalah ini. “Kami tidak ingin usaha kita setiap Rabu dan Sabtu mengelar razia sia-sia, hanya karena masuknya arak dari Bangka. Kita akan tindak tegas jika mereka tertangkap akan kita hukum,” tegas Kapolres.
Upaya Polres Belitung melakukan razia pekat Rabu dan Sabtu, sedikit banyak sudah menuai hasil maksimal. Pasalnya, dengan adanya razia tersebut kenakalan remaja di Belitung berkurang. Hal tersebut, terbukti saat razia pekat, polisi hanya mengamankan beberapa pemuda itupun mereka adalah muka-muka baru.
Selain itu, dengan adanya razia ini, para remaja kesulitan untuk mendapatkan minuman keras jenis arak di toko-toko. “Kami tidak ingin usaha kita sia-sia. Maka dari itu, mulai hari ini saya akan tugaskan, para Bhabin Kamtibmas untuk mengontrol pelabuhan-pelabuhan kecil di Belitung,” tuturnya.
Kapolres kembali menegaskan, tidak hanya minuman keras jenis arak saja yang akan di tindak. Melainkan, minuman haram lainnya, yang tanpa izin akan ditindak. “Tidak hanya arak, melainkan miras berbagai merek yang masuk Belitung tanpa izin akan kita tindak,” tegasnya kembali.
Kapolres meminta kepada masyarakat, khususnya nelayan jika mengetahui hal-hal yang mencurigakan, diharapkan melaporkan ke Polres Belitung  atau Polsek dan Pos Polisi terdekat atau pihak keamanan wilayah tertentu. “Jika ada perahu atau kapal yang mengangkut minuman keras, harap segera lapor. Maka pasti kami akan tindak lanjuti,” pungkasnya.(kin)