Polisi Gelar Operasi Zebra Menumbing 2015

by -

TANJUNGPANDAN-Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara, memberikan perhatian secara khusus terhadap keberadaan parkir liar di kawasan Tanjungpandan. Perhatian itu diwujdukan dalam giat Operasi Zebra Menumbing (0ZM) 2015.

“Kita (Polres Belitung,red) akan menggunakan waktu tersebut, untuk sosialisasi terhadap keberadaan parkir liar di Belitung. Khsusunya di Jalan Sriwijaya yang merupakan daerah padat lalu lintas dan sering dilewati turis,” ujar Kapolres Belitung kepada Belitong Ekspres, Jumat (23/10) kemarin.

Kapolres Belitung meminta kepada pengelola tempat usaha yang berada di pinggir jalan untuk menyiapkan lahan parkir, bagi pengunjung. Sehingga, kendaraan pengunjung tidak terparkir di badan jalan dan mengganggu para pengguna jalan lainnya.

“Operasi Zebra ini, sasarannya termasuk parkir-parkir liar itu tadi. Artinya kami berharap pemilik bangunan atau gedung untuk rumah makan apapun itu kami minta menyiapkan lahan parkir,” ujar Kapolres.

AKBP Candra Sukma Kumara, mengakui keberadaan parkir liar di badan jalan cukup mengganggu pengguna jalan. Sebagai daerah pariwisata, kondisi parkir di badan jalan ini bisa menimbulkan kesan negatif bagi daerah. Kapolres, meminta pemda merespon cepat kondisi ini.

Dalam Operasi Zebra ini, polisi akan melakukan sosialisasi terhadap keberadaan parkir di badan jalan. Namun bila masa sosialisasi ini berakhir, polisi akan menindak tegas pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di badan jalan sesuai Pasal 99 dan Pasal 100 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum.

“Kami kasih waktu 30 hari atau satu bulan, selama Operasi Zebra ini. Ketika sosialisasi sudah kami anggap selesai, namun masih ada yang melanggar,  ya kami tindak tegas dengan tilang,” tegas Kapolres.(kin)