Polisi Gencar Sosialisasi

by -

*Pasang Spanduk di Jalan Sudirman, Larangan Lawan Arus

kanan 1- foto - Copy

FOTO: AINUL YAKIN/BE
SAYANI NYAWA ANDA: Spanduk peringatan dari Polisi untuk mengingatkan warga betapa nyawa yang sangat berharga harus dijaga dengan memulai tertib berlalu lintas.

TANJUNGPANDAN-Satlantas Polres Belitung tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi, agar kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin. Salah satunya membuat spanduk dan baliho yang di pasang di sejumlah titik strategis yang mudah dibaca pengguna jalan. Seperti yang dilakukan polisi di Jalanan Tanjungpandan, khususnya di Perawas.

Spanduk yang berlulisan “Melawan Arus Nyawa Melayang. Keselamatan Nomor Satu” ini pasang di Jalan Jendral Sudirman KM 8 Perawas ini dipasang anggota Satlantas Polres Belitung, Jumat (7/8) pekan lalu. Bahkan, pantauan Belitong Ekspres, spanduk semacam baner kecil ini dipasang hingga Buluhtumbang mendekati bandara.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Belitung Ipda Lia Kamalia seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, Satlantas Polres Belitung melakukan sosialisasi ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya di Kawasan Perawas.

“Sesuai perintah dari Polda Babel, tempat-tempat di Belitung, yang rawan lokasi kecelakaan lalu lintas harus diberikan atau dipasang spanduk dan baliho tentang keselamatan berlalu lintas,” ujar Ipda Lia kepada Belitong Ekspres, Senin (10/8) kemarin.

Dijelaskan Polwan cantik asal Bandung Jawa Barat ini, alasan memilih Perawas lantaran lokasi tersebut paling banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Seperti beberapa pekan lalu, mobil truk mengalami laka lantas di kawasan tersebut hingga ada korban tewas.

“Selain itu juga banyak pengendara nekat melawan arus saat melintas di sepanjang Jalan Jendral Sudirman. Dengan adanya himbauan ini, masyarakat sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas,”pungkasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Perawas Sumaidi menyambut baik apa yang dilakukan Satlantas Polres Belitung. Sebab, dengan adanya himbauan ini diharapkan masyarakat sadar, agar tidak melawan arus saat melintas di kawasan tersebut.

“Ini langkah positif yang dilakukan Satlantas. Tidak dapat dipungkiri banyak pengendara yang mayoritas warga Perawas, saat melintas melawan arus. Apalagi pada malam hari, itu sangat berbahaya ditambah lagi dengan kodisi lampu penerangan jalan yang sering juga mati,” katanya.

“Kami berharap, dengan adanya himbauan ini, masyarakat benar-benar sadar. Dan tidak mengangap baliho atau sepanduk ini, hanyalah hiasan semata. Semoga ini dapat bermanfaat,” sambungnya. (kin)