Polisi Jaring 113 Pelanggar

by -

*Selama Operasi Zebra Menumbing 2015

MANGGAR-Selama Operasi Zebra Menumbing 2015, yang dimulai 22 Oktober hingga 4 Nopember, Satlantas Polres Beltim berhasil menjaring 113 pelanggar. Pelanggar yang terjaring didominasi kendaraan roda dua dan selebihnya kendaraan roda empat.

Kapolres Beltim AKBP, Nugrah Trihadi S.ik melalui Kasatlantas Polres Beltim AKP Khoiruddin mengatakan,  razia dilakukan di beberapa titik lokasi seluruh wilayah hukum Polres Beltim.

“Semunya ada 113 pelanggar. Dengan rincian barang bukti 98 sepeda motor dan 15 mobil yang diamankan,” ungkap AKP Khoiruddin kepada Belitong Ekspres, Jumat (6/11) kemarin.

Untuk pelanggar sepeda motor kata dia, banyak tidak menggunakan helm atau helm standart, spion, tidak membawa surat menyurat, seperti STNK dan SIM, serta kelengkapan kendaraan lainnya.

Sedangkan pelanggaran mobil, seperti menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya atau sarana prasarana yang telah disediakan.

“Sasaran prioritas pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing 2015, pelanggaran secara kasat mata yang dilakukan oleh pengendara bermotor,” katanya.

Selain diutamakan upaya penegakan hukum, razia juga diiringi edukasi dengan sikap senyum, sapa dan salam. Misalnya, kalau bisa diingatkan, pengendara diingatkan terlebih duhulu.

“Contoh orang tua yang ngantar anak sekolah, anak nggak pakai helm,” pungkas Kasatlantas. (feb)